Siap-siap! Polda DIY Bakal Terapkan ETLE Mulai Besok, Sudah Pasang di Empat Titik, Pelanggar Langsung Kena Tilang?

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 12 Agustus 2020 | 16:31 WIB
Personel Ditlantas Polda DIY mensosialisasikan ETLE atau tilang elektronik di Titik Nol Kilometer Yogya Rabu (12/08/2020).
Tribunjogja.com / Yosef Leon Pinsker
Personel Ditlantas Polda DIY mensosialisasikan ETLE atau tilang elektronik di Titik Nol Kilometer Yogya Rabu (12/08/2020).

GridOto.com - Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terutama para pengendara kendaraan bermotor harus bersiap-siap nih soal ETLE.

Sebab, Ditlantas Polda DIY akan memberlakukan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di seluruh wilayah DIY mulai Kamis (13/08/2020) besok.

Adapun peluncuran ETLE akan dilaksanakan secara resmi di Mapolda DIY pada esok hari.

Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya mengatakan, pihaknya akan memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat DIY secara menyeluruh terkait pemberlakukan ETLE.

Baca Juga: Bikers Wajib Tahu, Ini 5 Jenis Pelanggaran Incaran Kamera Elektronik, Jangan Sampai Kena

"Program ini merupakan sistem penegakan hukum secara elektronik dan kami harapkan bisa mendukung Yogyakarta sebagai smart city," kata Agus, dikutip GridOto.com dari Tribunjogja.com, Rabu (12/08/2020).

Agus menambahkan, pihaknya akan dibantu perangkat kamera pengawasa dengan dukungan kecerdasan buatan atau Artifical Intelligence (AI) dalam mengawasi pelanggaran lalu lintas.

"Nanti pelanggaran yang terdeteksi oleh kamera pengawas akan langsung dicapture seluruh pelanggaran secara otomatis," ucapnya.

Agus meyebutkan, pihaknya sudah memasang CCTV beserta slide kamera untuk sistem ETLE di empat titik, yakni Tambakromo Wates, Ngabean, Maguwo dan daerah Ketandan menuju Gunungkidul.

Baca Juga: ETLE Diterapkan di Kota Depok Mulai Bulan Depan, Dua Lokasi Ini Dipilih Untuk Tahap Awal Penerapan, Begini Kata Polisi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa