MotorSeken : Cerita Yamaha 125Z di Indonesia, Motor Bebek Yang Pernah Digeber Norick Abe

Harry - Senin, 10 Agustus 2020 | 12:38 WIB
Yamaha 125Z
Rizky/Gridoto.com
Yamaha 125Z

GridOto.com-Masa edar Yamaha 125Z di Indonesia tergolong singkat karena dijual resmi dalam kurun waktu 2000 sampai 2002 saja.

Saat itu masih menyandang nama PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Motor ini sendiri didatangkan utuh dari Malaysia.

Di Malaysia juga motor ini hadir dengan varian baru yang bernama Yamaha 125ZR, yang tampil lebih modern dengan pelek racing dan behel dengan lampu LED.

(Baca Juga: MotorSeken : Yamaha 125Z Kuning Ini Buka Harga Rp 90 Juta, Kok Mahal?)

Meski di Indonesia hanya sampai tahun 2002, produksi motor ini di Malaysia berlangsung sejak 1998 sampai tahun 2017 silam loh sob.

Hong Leong Yamaha Motor Malaysia bahkan membuatkan edisi khusus Movistar yang dibuat terbatas sekaligus edisi terakhirnya.

Norick Abe di Kenjeran dengan Yamaha 125Z
Norick Abe di Kenjeran dengan Yamaha 125Z


Karena sudah stop produksi dan peminatnya masih banyak, harga jual unit sekennya semakin melambung. Sekarang rata-rata Rp 50 sampai 60 juta.

Yang jadi daya tarik motor ini adalah desainnya yang sporty. Kaki-kaki yang modern dimasanya dengan monosok dan tabung ukuran besar.

(Baca Juga: MotorSeken : Penasaran Sama Motor Bebek Yamaha 125Z? Langsung Tonton Videonya)

Kemudian mesinnya potensial untuk dibuat kencang. Mesinnya punya spesifikasi 125 cc 2 tak pendingin udara dipadu transmisi manual 6 speed.

Tenaga standarnya mencapai 17,2 dk pada 8.000 rpm dan torsi 16,1 Nm pada 7.500 rpm. Tak heran banyak yang pakai Yamaha 125Z untuk balapan.

Malah motor bebek ini pernah digeber rider GP500 asal Jepang, Norick Abe, di sirkuit Kenjeran, Surabaya pada tahun 2000.

Dengan sejarahnya tersebut, enggak heran kalau Yamaha 125Z punya banyak peminat, bahkan sampai saat ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa