Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Banyak Pilihan, Nih Solusi Atasi Masalah Switch Lampu Rem Motor Matic

Muhammad Farhan - Senin, 3 Agustus 2020 | 10:43 WIB
Kedua lampu rem Honda Vario 150 tidak menyala saat direm
Aant/otomotifnet.com
Kedua lampu rem Honda Vario 150 tidak menyala saat direm

GridOto.com – Banyak cara yang bisa dijadikan pilihan untuk mengatasinya, nih solusi masalah pada switch lampu rem di motor matic.

Selain lampu rem enggak hidup saat tuas ditekan, mesin motor matic juga tidak bisa dinyalakan kalau komponen ini ada gangguan.

Meskipun ganti switch lampu rem baru biayanya terjangkau, ada cara yang bisa kalian coba untuk sementara dalam kondisi darurat.

Trik ini bisa dicoba jika lampu rem atau fungsi starter tidak berfungsi meski switch lampu rem sudah diperiksa atau dibersihkan.

Baca Juga: Pakai Oli Molybdenum di Motor Bikin Kopling Slip? Ini Pendapat Ahli

“Caranya pakai slang aquarium yang warnanya bening dan selipkan di tonjolan tuas rem yang posisinya untuk menekan switch lampu rem,” ujar Amirudin owner bengkel spesialis lampu Amink Projie, Ciputat, Tangerang Selatan.

Berikutnya kalian bisa potong slang bening tersebut sesuai dengan panjang besi tonjolan tuas rem, ukurannya kurang lebih sekitar 2 cm.

Potong selang sesuai panjang tonjolan tuas rem di motor
Farhan
Potong selang sesuai panjang tonjolan tuas rem di motor

"Tonjolan switch lampu rem berbahan plastik ini bisa terkikis seiring pemakaian, ditambah slang untuk mengisi celah antara besi tuas rem dan tonjolan switch," jelasnya.

Hasilnya, tuas rem kembali menekan tonjolan switch dengan baik sehingga lampu rem atau starter elektrik kembali berfungsi.

Baca Juga: Dua Intercom Helm Ini Harganya Cuma Rp 500 Ribuan, Sena Killer?

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa