Seken Keren: Servis Nissan Serena C26 Cukup Setahun 2 Kali, Segini Biayanya!

Harun Rasyid - Sabtu, 1 Agustus 2020 | 19:45 WIB
Nissan Serena C26 tipe Highway Star (HWS)
Kompas.com
Nissan Serena C26 tipe Highway Star (HWS)

GridOto.com - Nissan Serena generasi ke-4 bekas kini bisa dibeli dengan budget Rp 130 jutaan hingga Rp 270 jutaan tergantung tipe dan kondisinya.

High MPV pesaing Toyota Nav1 dan Mazda Biante ini, juga dinilai cocok bagi yang butuh kenyamanan dan ruang kabin ekstra.

Namun sebelum membeli unitnya, ada baiknya mengetahui kisaran biaya servisnya di bengkel spesialis.

Ari Hidayat selaku Kepala Bengkel spesialis Nissan, Jasmin Motor BSD di Tangerang Selatan mengatakan, servis rutin Serena berkode bodi C26 ini cukup dilakukan setahun dua kali.

Baca Juga: Seken Keren: Berpotensi Merusak Mesin, Jangan Coba-coba Kasih BBM Seperti Ini ke Nissan Serena C26

"Untuk servis rutin atau tune up Serena C26 di bengkel kami biasa dilakukan setahun dua kali cukup. Rinciannya setiap 6 bulan atau per 10 ribu kilometer, dilihat dari mana duluan yang tercapai," ujar Ari kepada GridOto.com, Rabu (29/7/2020).

Namun menurut Ari, pemilik Serena dengan kubikasi mesin 2.000 cc tersebut disarankan mengganti oli sebelum 10 ribu kilometer.

Mesin Nissan Serena C26
GridOto.com
Mesin Nissan Serena C26


"Untuk ganti oli Serena C26, dilakukan setiap per 5.000 kilometer atau jangka waktu maksimalnya 6 bulan kalau mobil jarang digunakan," sebut pria yang dulu bekerja di bengkel resmi Nissan selama belasan tahun tersebut.

"Sebenarnya oli mesin ini bisa dipakai sampai 10 ribu kilometer, tapi karena Serena C26 ini usianya sudah lebih dari 3 tahun, daya gesek di mesinnya sudah banyak dan penguapan mesinnya juga tinggi, disarankan ganti oli setiap 5 ribu kilometer. Buat spek oli yang pakai itu 0W-20," lanjut Ari.

Baca Juga: Seken Keren: Sebelum Boyong Nissan Serena c26, Waspada Sektor Kaki-kaki, Ini yang Harus Diperhatikan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa