Video Kupas Tuntas Tren Motorhome di Indonesia, Ternyata Mobil Ini Pelopornya!

Ivan Casagrande Momot - Kamis, 23 Juli 2020 | 20:20 WIB
Campervan dan motorhome tumbuh di Indonesia mulai 1970-an
istimewa
Campervan dan motorhome tumbuh di Indonesia mulai 1970-an

GridOto.com - Tim GridOto Modif coba menyuguhkan video yang berbeda dengan konsep ngobrol virtual (ngovi) ala podcast mengulas seluk beluk tentang motorhome.  

Bahasan seputar sejarah, tren dan serba-serbi motorhome di hingga hadir di Indonesia kami ulas bareng Bari Setiadi selaku designer dan penggiat motorhome.

"Di luar negeri sejarah motorhome memang sudah lama sekali, jadi ada kegiatan nomadic dan orang-orang Gypsy di Eropa, ya itulah cikal bakalnya motorhome," buka Bari.

Caravan dengan ditarik kuda jadi cikal bakal motorhome
istimewa
Caravan dengan ditarik kuda jadi cikal bakal motorhome
"Mereka hidup benar-benar di kereta, wagon yang ditarik kuda, ya itulah motorhome jaman dulu. Tapi kalau di Indonesia sendiri, tidak pernah ada catatan jelas atau siapa yang pertama kali membuat. Tetapi tentu budaya ini kemungkinan besar dibawa dari Eropa," tambahnya.

Jadi saat orang-orang Belanda memiliki rumah atau punya villa di pegunungan, ada budaya-budaya camping yang dibawa seperti karavan atau motorhome.  

VW Combi Campervan milik Doddy Samperuru
Istimewa
VW Combi Campervan milik Doddy Samperuru
Menarik disimak ialah kehadiran salah satu mobil VW memberi andil bagi perkembangan motorhome di era 1970-an di Indonesia.

"Jaman paling ngetop itu waktu hype VW Kombi mulai tahun 70-an. Dia punya kabin luas dan nyaman, juga mobilnya keren. Mesin di belakang, jadi banyak yang mengubah kabin dengan menjejali tempat tidur misalnya. VW Kombi salah satu pelopornya," kata Bari lagi.

Lalu bagaimana dengan adopsi gaya modifikasi motorhome yang berkembang selanjutnya?

Nuansa kabin motorhome ala American style lebih luxury
istimewa
Nuansa kabin motorhome ala American style lebih luxury
"Jadi dalam perkembangannya ada gaya Amerika yang kabinnya diubah lebih luxury. Kemudian ada gaya Australia dan Eropa itu lebih ke arah fungsional dan ada gaya Jepang yang lebih ke arah fungsional dan minimalis," kata Bari yang juga pemilik workshop Baze Luxury Bus.

Beradaptasi dengan mobil-mobil yang beredar di Indonesia. Jenis mobil seperti apa yang paling tepat untuk mereka yang mau terjun main motorhome atau campevan?

Ilustrasi Daihatsu Gran Max
Ilustrasi Daihatsu Gran Max
"Sebenarnya untuk mobil bisa apa saja. Tapi kalau saya MPV seperti Daihatsu Gran Max itu lumayan oke untuk jadi eksperimen motorhome karena kabinnya luas dan desainnya boxy lebih fleksibel untuk diubah macam-macam," terang Bari lagi.

Meski begitu Bari juga mengapresiasi pemain motorhome yang menggunakan mobil berpenggerak 4x4. 

Toyota Land Cruiser VX80
Toyota Land Cruiser VX80
"Kalau pilihannya SUV saran saya lebih baik yang berpenggerak 4x4. Di komunitas saya juga banyak tuh yang pakai Toyota Land Cruiser VX80 yang mereka kelebihannya bisa menjangkau daerah-daerah terpencil dengan pemandangan bagus yang tidak bisa dijangkau mobil-mobil 4x2 tentunya," tambahnya.

Daripada lama-lama silahkan tonton video lengkapnya!

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa