Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Periksa Bensin Motor Terlalu Irit atau Boros Lewat Warna Busi

Muhammad Farhan - Kamis, 28 April 2022 | 09:59 WIB
Ilustrasi busi lama dengan busi baru
GridOto.com
Ilustrasi busi lama dengan busi baru

GridOto.com – Cukup lihat lewat warna busi, begini cara periksa setelan bensin dan udara di mesin motor apakah terlalu irit atau boros.

Pada mesin motor, proses pembakaran terjadi berkat campuran bensin dan bahan bakar yang terbakar oleh api dari busi.

Nah cara mudahnya untuk periksa kondisi proses pembakaran di ruang bakar, bisa dengan melihat kondisi warna elektroda busi yang digunakan.

“Hasilnya bisa terlalu irit, ideal atau terlalu boros yang dipengaruhi kondisi, settingan atau komponen yang terpasang di motor,” ujar Wawan Setiawan, owner bengkel WMC Racing, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Sudah Muncul, Tangki Yamaha All New NMAX Kapasitas 10 Liter!

Dalam kondisi standar pabrik, biasanya campuran AFR nya sudah diatur agar hasilnya ideal dengan warna busi cenderung putih kecoklatan.

Sedangkan buat motor yang sudah ada modifikasi atau karena faktor usia, hasilnya warna busi bisa berwarna putih karena terlalu kering atau hitam akibat terlalu boros.

Proses jetting atau ganti ukuran pilot jet dan main jet karburator
Fajrin/Otomotifnet
Proses jetting atau ganti ukuran pilot jet dan main jet karburator

“Kalau terlalu kering atau terlalu boros ini dampaknya buruk bagi mesin, sehingga diperlukan setting ulang pada karburator atau mapping pada sistem injeksi yang sudah pakai ECU adjustable,” lengkapnya.

Ubahan di knalpot, koil, atau kubikasi mesin biasanya membuat pasokan bensin motor standar perlu ditambah supaya ruang bakar tidak kekeringan atau kekurangan bahan bakar.

Baca Juga: Suku Cadang Motor Suzuki Ada Palsunya? Ini Kata Bengkel Resmi

Selain bikin boros bensin, setelan bensin yang dibuat berlebihan bisa menimbulkan gejala brebet, akselerasi berat dan timbul asap hitam dari knalpot.

“Misal sudah ada ubahan pengapian atau mesin, idealnya di stel sedikit lebih basah agar performa maksimal dan aman dari gejala overheat,” yakin Wawan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa