Sejarah Mitsubishi Lancer Evolution, Perjalanan Sang Raja Jalanan

Dwi Wahyu R. - Rabu, 15 Juli 2020 | 14:00 WIB
Mitsubishi Lancer Evolution X
newspress.co.uk
Mitsubishi Lancer Evolution X

GridOto.com - Keinginan Mitsubishi berjaya di dunia reli dunia alias World Rally Championship (WRC) melahirkan klan Mitsubishi Lancer Evolution yang populer dipanggil Mitsubishi Evo atau Lancer Evo.

Mitsubishi Lancer dipilih sebagai pengganti Mitsubishi Galant VR-4 yang dianggap kurang kompetitif menghadapi persaingan di Grup A WRC karena bodinya terlalu besar dan kurang lincah bermanuver.

Bodi Mitsubishi Lancer yang kecil dan ringan membuatnya dipilih oleh Mitsubishi Ralliart Europe menjadi kandidat terbaik untuk berlaga di WRC.

Mesin 4-silinder 2,000 cc 16 valve berkode 4G63T yang terbukti andal dipakai di Galant VR-4 dipasang ke Mitsubishi Lancer.

Termasuk sistem All-Wheel Drive (AWD) punya Galant VR-4 ikut diboyong ke Mitsubishi Lancer.

Mitsubishi lancer Evolution I 1992
https://www.mitsubishi-motors.com/
Mitsubishi lancer Evolution I 1992

Baca Juga: Cerita Lahirnya Mitsubishi Lancer Evolution, Semua Gara-gara Ini

Nah, agar bisa berkompetisi di Grup A WRC setiap pabrikan wajib memproduksi mobil relinya untuk dijual ke publik minimal 2.500 unit.

Untuk itu pada 1992 Mitsubishi membuat 5.000 unit Lancer Evolution I setir kanan yang hanya dijual di Jepang dalam dua varian, yaitu GSR dan RS.

Yup, klan mobil kencang legendaris telah lahir, dan berikut kisah singkat perjalanan sang raja jalanan Mitsubishi Lancer Evolution.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa