Street Manners: Kerap Disepelekan, Membantu Orang Menyeberang Jalan Itu Tindakan Mulia, Ada Dalam Pancasila

M. Adam Samudra - Sabtu, 11 Juli 2020 | 17:55 WIB
Kasi Gar Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Tri Waluyo saat menuntun wanita lansia menyebrang jalan
Adam Samudra
Kasi Gar Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Tri Waluyo saat menuntun wanita lansia menyebrang jalan

GridOto.com - Tidak semua pengendara memiliki kelakuan yang buruk ketika di jalanan. Banyak juga kok dari mereka berhati lembut dan rela menolong sesama. 

Misalnya saja ketika ada pejalan kaki yang ingin menyebrang, biasanya secara spontan ada saja pengendara lain menolong untuk menuntunya hingga kesebrang jalan.

Namun kalian sudah tahu belum ternyata hal itu masuk dalam Pancasila loh sob?

Hal itu yang disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo didepan para bikers saat menghadiri grand opening Cafe Teh Tarik Aceh di Jakarta Timur, Sabtu (11/7/2020).

Baca Juga: Pencinta Motor Gede Gruduk Cafe Teh Tarik Aceh, Ada Ketua MPR RI Juga Sob

"Kalau kita jalan pakai motor ada pejalan kaki ingin menyebrang kita minggir dan membantu menyebrangkan itu sudah menjalankan satu dari lima sila," kata Bamsoet di Jakarta Timur, Sabtu (11/7/2020).

Menurut Bamsoet, Pancasila adalah dasar bagi bangsa Indonesia. Pancasila ini masing-masing silanya terkait satu sama lain sehingga nilai-nilai tolong menolong yang ditegaskan dalam butir sila kelima Pancasila sejiwa juga dengan sila lainnya dalam Pancasila seperti sila kedua yang bunyinya adalah kemanusiaan yang adil dan beradab.

"Sebenarnya jika membahas soal Pancasila rakyat kita sejak dulu sudah menjalankannya. Dari sila pertama sampai sila ke lima tentu sudah banyak dijalankan," ucapnya.

Ia pun memberikan pesan bahwa rasa kepedulian terhadap sesama pengguna jalan harus tetap terjaga.

Baca Juga: Seken Keren: Panduan Membeli Pajero Sport Generasi Kedua, Calon Konsumen Perhatikan Hal Ini!

"Kapan pun saat orang lain perlu dibantu, kamu tak harus berpikir lama untuk mendatanginya dan mengulurkan tangan," katanya.

Sekadar Informasi, Pancasila yang lahir pada 1 Juni 1945 adalah ideologi dan falsafah bangsa yang harus selalu dipegang bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai cobaan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : GridOto.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa