Kapan Waktu yang Tepat untuk Balancing Ban Mobil? Ini Jawabannya

Radityo Herdianto - Kamis, 9 Juli 2020 | 11:00 WIB
Logam pemberat balancing
Dylan Andika/GridOto.com
Logam pemberat balancing

GridOto.com - Perlu dilakukan secara rutin, kapan waktu yang tepat untuk balancing ban mobil?

Pertanyaan ini sering muncul di benak pemilik mobil ketika ingin melakukan balancing ban mobil untuk perawatan sektor kaki-kaki.

Pasalnya balancing ban mobil diperlukan untuk menjaga kemulusan putaran roda agar tetap seimbang sehingga mobil nyaman dikemudikan.

"Untuk perawatan rutin setidaknya balancing ban mobil setiap 4 bulan sekali atau setiap 20.000 km," sebut Rendy Cristian Darmawan, Kepala Mekanik Bengkel Nawilis Radio Dalam kepada GridOto.com.

Menurut Rendy, dalam pemakaian normal tapak ban mobil akan mengalami pengikisan serta alur ban mengalami deformasi (perubahan bentuk).

Setelah Ganti Ban Baru Harus di-Balancing Ban
Radityo Herdianto / GridOto.com
Setelah Ganti Ban Baru Harus di-Balancing Ban

Baca Juga: Jarang Balancing Ban Mobil, Ini Dampak Negatif yang Bisa Muncul

"Pada satu bagian roda pasti bebannya jadi berubah, ketika berputar distribusi beban sudah pasti tidak center," ujar Rendy.

Lanjut Rendy, selain dilakukan secara rutin, balancing ban mobil yang paling mutlak harus dilakukan saat melakukan penggantian ban baru.

"Biasanya pada dinding ban ada tanda warna kuning atau merah sebagai indikator sisi ban mana yang paling berat atau paling ringan," terang Rendy.

Tambah Rendy, tanda ini dijadikan patokan untuk pemasangan bandul pemberat balancing ban mobil setelah terpasang di pelek.

"Karena setiap ban pasti punya beban yang berbeda, setelah diputar berdasarkan patokan warna akan ketahuan perlu diberatkan berapa gram pada bagian mana," ujar Rendy.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa