Beli Spare Part Secara Online Dapatnya Barang Sampah, YLKI : Market Place Wajib Tanggung Jawab

M. Adam Samudra - Rabu, 8 Juli 2020 | 08:21 WIB
Ilustrasi Spare Part
rusautonews.com
Ilustrasi Spare Part

GridOto.com - Industri otomotif Indonesia terus menjadi salah satu lahan subur bagi tindakan kejahatan khususnya dalam hal pemalsuan.

Misalnya saja, beredarnya barang sampah untuk kategori spare part motor dan mobil yang mudah ditemui di situs belanja online (e-commerce) seperti Blibli, Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

Sekilas dari foto yang ditampilkan, barang sampah ini dijual dengan tidak menunjukkan perbedaan antara spare part asli pabrikan dengan yang palsu.

Begitu juga dengan deskripsi yang dituliskan, penjual mengaku barang tersebut orisinil pabrikan namun tidak menyebutkan kondisinya secara jelas apakah itu baru atau bekas.

Baca Juga: Orang Bijak Taat Pajak, Ini Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek 8 Juli 2020

Saat ditanya oleh calon pembeli, mereka hanya menjelaskan dengan gimmick tambahan seperti barang bekas hasil lelangan, gebox (genuine box), ataupun rebuild.

Agus Suyatno pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menjelaskan, jika ditemukan barang berindikasi merugikan konsumen tentu pihak market place wajib tanggung jawab atau menegur.

"Misalkan barangnya sudah menjadi barang sampah kemudian dijual dengan harga yang relatif lebih murah tentu market place wajib bertanggung jawab," kata Agus Suyatno kepada GridOto.com, Rabu (8/7/2020).

"Sehingga market place bisa saja menutup atau menegur pemilik akun tersebut untuk kemudian menarik barang dagangannya. Karena jelas itu telah terindikasi mengelabui konsumen," tuturnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi
Sumber : GridOto.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa