Beda dari Filter Oli Biasa, Produk Ini Bisa Bikin Oli Lebih Awet

Radityo Herdianto - Jumat, 3 Juli 2020 | 08:00 WIB
Filter Oli Magnet PIAA
Radityo Herdianto / GridOto.com
Filter Oli Magnet PIAA

GridOto.com - Beda dari filter oli biasa, produk yang satu ini diklaim penjualnya bisa bikin oli mesin punya masa pakai yang lebih awet.

Sejatinya filter oli mesin mobil menjadi komponen yang menyaring kotoran selama oli bersirkulasi di dalam mesin saat proses pelumasan.

Biasanya penggantian filter oli bersamaan dengan penggantian oli mesin mobil untuk menjaga kebersihan dan daya pelumasan.

"Filter oli aftermarket PIAA dari Jepang ini punya fitur magnet untuk kemampuan penyaringan tambahan," terang Hans Steven, pemilik bengkel spesialis Speed'z Performance, Cipondoh kepada GridOto.com.

Menurut Hans, selama proses pelumasan hasil gesekan dari komponen mesin akan menghasilkan gram berbahan metal berukuran sekitar 10 mikron.

Filter Oli Magnet PIAA
Radityo Herdianto / GridOto.com
Filter Oli Magnet PIAA

Baca Juga: Bilah Wiper Mobil Sudah Harus Diganti Kalau Muncul Gejala Seperti Ini

"Gram metal ini akan langsung menempel pada magnet dan tidak akan lepas ikut larut ke oli saat bersirkulasi kembali," ujar Hans.

Lanjut Hans, jenis gram metal ini sulit disaring oleh filter oli biasa karena bahan dan ukuran saringan yang dipakai tidak bisa ditangkap dengan baik sehingga mudah tersirkulasi kembali ke dalam mesin, terutama kalau filter oli sudah cukup kotor.

Hans mengklaim kemampuan magnet untuk memerangkap gram metal ini membuat usia pakai oli lebih awet sehingga penggantian filter oli juga bisa dilakukan lebih lama.

"Bisa dipakai sampai 20 ribu km atau setiap penggantian oli mesin 2 kali nanti sekali ganti filter magnet," tambah Hans.

Filter oli magnet dari PIAA ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp 325 ribu di bengkel Speed'Z Performance dengan berbagai jenis filter yang bisa disesuaikan dengan mobil Anda.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa