Belajar Nyetir Otodidak Tetap Bisa Bikin SIM, MK Tumbangkan Permohonan Lembaga Kursus Mengemudi

Irsyaad Wijaya,Gayuh Satriyo Wibowo - Selasa, 30 Juni 2020 | 09:10 WIB
Ilustrasi wanita belajar mengemudikan mobil secara otodidak
GridOto.com
Ilustrasi wanita belajar mengemudikan mobil secara otodidak

GridOto.com - Beberapa waktu lalu dua pengusaha lembaga kursus mengemudi, Marcell Kurniawan dan Rosdiana Ginting mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Keduanya meminta peninjauan kembali terkaitnya syarat untuk mendapatkan SIM yang tertuang pada Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) No. 22 Tahun 2009.

Mereka mempersoalkan frasa 'atau belajar sendiri' dalam Pasal 77 ayat (3) UU LLAJ No.22 Tahun 2009 yang bertentangan dengan Pasal 31 ayat (3) UUD 1945.

Hal tersebut dianggap dapat menghambat adanya keseragaman kompetensi dalam sikap, pengetahuan dan keterampilan mengemudi sehingga menghambat penyelenggaraan sistem pendidikan nasional.

Baca Juga: MK Tolak Permohonan Uji Materi UU LLAJ Penggunaan Lampu di Siang Hari, Nekat Enggak Nyalain Denda Rp 100 Ribu

Melansir Otomotifnet.com, gugatan para pemohon tersebut ditolak oleh para Hakim MK.

"Amar putusan mengadili, menolak permohonan para Pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua Pleno Hakim Konstitusi, Anwar Usman didampingi para hakim konstitusi lainnya dalam sidang pengucapan Putusan Nomor 14/PUU-XVIII/2020, (25/6/20).

Ilustrasi ujian praktik SIM A Umum
Kompas.com
Ilustrasi ujian praktik SIM A Umum

Hakim Konstitusi, Enny Nurbaningsih yang membacakan pendapat Mahkamah menyebutkan, penyelenggaraan pendidikan dapat dilakukan melalui berbagai jalur, yaitu jalur formal, nonformal dan informal.

"Ketiga jalur tersebut saling melengkapi satu sama lain dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan pendidikan nasional," jelasnya.

Baca Juga: Beredar Kabar Usia 15 Tahun Sudah Bisa Bikin SIM C? Ini Penjelasan Polisi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra
Sumber : Otomotifnet.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa