Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Begini Proses Belajar Mengendarai Mobil di Sekolah Mengemudi, Langsung Tes di Jalan Sob!

Harun Rasyid - Rabu, 3 Juli 2019 | 07:00 WIB
Ilustrasi setir mobil untuk mengemudi
Ilustrasi setir mobil untuk mengemudi

GridOto.com - Jasa sekolah mengemudi tidak dipungkiri membantu sebagian orang yang ingin belajar menyetir namun tidak memiliki mobil maupun tak ada orang yang mengajarkannya mengemudi.

Namun sekolah mengemudi tentu memiliki tarif untuk jasa kursus mengemudi kendaraan roda empat.

Berdasarkan pantaun GridOto di beberapa tempat kursus mengemudi, harga yang ditentukan bervariasi tergantung banyaknya sesi dan jenis transmisi mobil yang dipilih.

Astri, Admin Sekolah mengemudi Pratama Jaya mengungkapkan, untuk sesi kursus mengemudi kami ada tiga jenis paket sesi yaitu 5 hari, 8 hari, dan 10 hari sesi.

(Baca Juga: Hati-hati! Mengemudi Sejauh 336 Km, Seorang Pria di Malaysia Meninggal)

"Setiap sesi waktunya 60 menit, untuk pemula hari pertama yaitu pengenalan dasar, setelah pengenalan peserta kursus langsung belajar menjalankan mobil didampingi instruktur," Kata Astri.

Selanjutnya menurut Astri, dalam satu paket kursus mengemudi digunakan untuk pengenalan dasar, belajar mengemudi di jalan umum, tanjakan dan yang terakhir parkir.

Sekolah mengemudi juga menyediakan jasa pengurusan SIM A untuk mobil, jika peserta sudah berhasil mencapai standar penilaian yang ditentukan instruktur.

"Dalam latihan, selain didampingi peserta juga akan dinilai cara mengemudinya oleh instruktur jadi apabila nilainya sudah baik ia bisa mendapatkan SIM tapi harga pengurusannya diluar harga jasa kursus," Terang Astri.

(Baca Juga: Street Manners: Posisi Duduk Mempengaruhi Tingkat Keamanan Berkendara Saat Mengemudi)

Peserta juga tak perlu khawatir tentang keselamatan belajar mengemudi, karena mobil yang disediakan sekolah mengemudi sudah dimodifikasi dengan pedal ganda yang bisa dikendalikan instruktur saat berkendara di jalanan.

Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa