Lembaran Aluminium Bikin Audio Mobil Lebih Bagus? Ini Penjelasannya

Radityo Herdianto - Jumat, 26 Juni 2020 | 13:00 WIB
Lembaran Aluminium Ground Zero Sebagai Peredam Kabin Mobil
Radityo Herdianto / GridOto.com
Lembaran Aluminium Ground Zero Sebagai Peredam Kabin Mobil

GridOto.com - Modifikasi upgrade audio mobil dilakukan bagi para pemilik mobil yang kurang puas dengan performa audio bawaan.

Upgrade audio mobil biasanya sejalan dengan pasang peredam kabin mobil agar lebih kedap dan suara audio yang dihasilkan lebih jernih.

Saat pasang peredam kabin mobil, lembaran aluminium ternyata punya peran penting untuk meningkatkan kualitas audio mobil.

"Prinsipnya waktu upgrade audio mobil juga harus mempertimbangkan bagaimana ketebalan pelat bodi mobil yang dipakai," sebut Andreas Tjahjadi, CEO PT Audio Plus Indonesia kepada GridOto.com.

Menurut Andreas, bodi mobil yang tipis dimana mudah ditekan dengan tangan menjadi penyebab menurunnya kualitas suara dari audio mobil yang dipasang.

Peredam Mobil Silent Coat yang Dijual PT Audio Plus Indonesia
Istimewa
Peredam Mobil Silent Coat yang Dijual PT Audio Plus Indonesia

Baca Juga: Pasang Peredam Kabin Mobil Waktu Upgrade Audio, Mulai Dari Sini Dulu

"Terutama waktu suara frekuensi rendah seperti bass di bawah 70 Hz keluar, panel bodi yang tipis akan bergetar ketika menerima pantulan suara," terang Andreas.

Lanjut Andreas, getaran dari panel bodi menyebabkan jarak pantulan suara tidak stabil sehingga muncul suara bass yang berdengung diiringi suara vibrasi dari logam.

"Lembaran aluminium difungsikan untuk melapisi bagian dalam panel bodi mobil sehingga lebih kokoh, waktu ditekan tidak lembek," jelas Andreas.

Andreas menekankan, panel bodi yang telah dibuat kokoh memang mereduksi getaran fisik tetapi masih tetap ada getaran yang dihasilkan dari gelombang suara.

"Sehingga lembaran aluminium ini harus di-sandwich dengan lembaran absorber untuk meredam getaran yang tidak terlihat," ujar Andreas.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa