Sopir Truk di Kepulauan Bangka Belitung Unjuk Rasa Minta Rapid Test Digratiskan, Begini Endingnya

Gayuh Satriyo Wibowo - Senin, 22 Juni 2020 | 20:39 WIB
Ilustrasi Mitsubishi Fuso Colt Diesel
Istimewa
Ilustrasi Mitsubishi Fuso Colt Diesel

GridOto.com - Ratusan sopir truk pengangkut logistik berunjuk rasa di Pelabuhan Pangkalbalam, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (22/6/2020).

Menurut mereka, kebijakan tiap sopir truk sebelum beroperasi wajib rapid test dinilai memberatkan sopir karena harus merogoh kocek sendiri.

Melansir Kompas.com, Petugas Keselamatan Pelayaran Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Agoes Herwanto mengatakan sudah berdiskusi dengan para sopir terkait kebijakan tersebut.

"Kesepakatannya tetap rapid test mandiri. Sopir bebas memilih lokasi rapid test, di rumah sakit atau poliklinik," kata Agoes di kantornya, dikutip dari Kompas.com, Senin (22/6/2020).

Baca Juga: Ratusan Sopir Truk di Bangka Belitung Demo Soal Wajib Rapid Test Mandiri, Karena Biayanya Mahal

Truk pengangkut sembako yang terhenti di Pelabuhan Pangkalbalam, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (22/6)
Kompas.com/Heru Dahnur
Truk pengangkut sembako yang terhenti di Pelabuhan Pangkalbalam, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (22/6)

Agoes menuturkan, keputusan diambil dalam pertemuan yang dihadiri perwakilan sopir, KSOP, tim Gugus Tugas Covid-19, TNI Angkatan Laut dan pihak terkait lainnya.

Sebagai bentuk keringanan, menurut Agus, hasil rapid test tertulis yang dimiliki para sopir bisa berlaku selama satu bulan.

Apabila ingin melakukan perjalanan berulang dalam tempo satu bulan tersebut, sopir hanya perlu membawa surat keterangan berbadan sehat.

"Jika biasanya rapid test hanya berlaku 3 hari dan PCR 7 hari, maka sopir di Pangkalbalam ini rapid test-nya cukup sebulan sekali," ujar dia.

Baca Juga: Gara-gara Kecelakaan Libatkan Sopir Umur Belasan Tahun, Polisi Gelar Razia Truk yang Melintas, 17 Unit Ditilang

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Ditta Aditya Pratama
Sumber : Kompas.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa