Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengungkap Mitos Carbon Fiber Punya Batas Usia Pakai, Begini Faktanya

Radityo Herdianto - Rabu, 10 Juni 2020 | 10:00 WIB
Diffuser carbon biar lebih sporty
Kyn
Diffuser carbon biar lebih sporty

GridOto.com - Punya karakter yang ringan dan tipis namun tetap kuat, panel carbon fiber punya keistimewaan tersendiri saat dipasang untuk modifikasi mobil.

Ada yang beranggapan panel carbon fiber punya sifat temporary alias ada batas usia pakai karena terbuat dari anyaman serat yang bisa robek sewaktu-waktu.

Christopher Nicholas, pemilik workshop Prestige Carbon, Jakarta Barat meluruskan mitos banyak anggapan bahwa carbon fiber tidak awet.

"Struktur panel carbon fiber tidak akan mengalami perubahan selama apapun, kekuatannya akan terus sama," tekan Christopher Nicholas, pemilik workshop Prestige Carbon, Jakarta Barat kepada GridOto.com.

Bahkan Christopher mengklaim material carbon fiber punya ketahanan terhadap cuaca seiring waktu, tidak seperti kayu yang bisa karat atau plastik yang bisa rapuh.

Spion Mobil dengan Material Carbon FIber
Abdul Aziz Masindo / Otoseken
Spion Mobil dengan Material Carbon FIber

Baca Juga: Bukan Dari Mesin, Hal Sepele Ini Juga Bisa Bikin Mobil Boros BBM

"Tapi dengan catatan resin yang diapikasikan saat proses pembuatan bisa menyerap ke lembaran serat carbon fiber," jelas Christopher.

Menurut Christopher, penyerapan resin di dalam serat punya pengaruh langsung untuk mengikat unsur carbon dari anyaman menjadi kesatuan komposit.

"Bukan berarti carbon fiber kebal, dia tetap bisa rusak meski tidak terbentur seperti dibiarkan baret sampai lapisan coatingnya hilang," tutur Christopher.

Lanjut Christopher, paparan sinar ultraviolet (UV) matahari tetap bisa membuat panel carbon fiber menjadi menguning atau kusam.

"Tapi itu hanya perubahan warna, bukan melemahkan konstruksinya dan itu masih bisa diperbaiki dengan poles dan lapis coating ulang," ujar Christopher.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa