Motor Matic Lebih Aman Dari Kebakaran Saat Disemprot Disinfektan?

Muhammad Farhan - Rabu, 3 Juni 2020 | 15:40 WIB
Ilustrasi motor matic disemprot disinfektan
Instagram
Ilustrasi motor matic disemprot disinfektan

GridOto.com – Sebelumnya ramai tersebar video motor terbakar saat disemprot cairan disinfektan.

Dalam video motor terbakar saat disemprot disinfektan, sebelumnya terlihat ada motor matic lolos tanpa masalah dan tidak terbakar, kok bisa?

Karena hal itu, baik petugas penyemprotan dan pengguna motor yang ada di video tidak ada yang menyangka muncul kobaran api yang cukup besar saat salah satu motor sport disemprot.

Penasaran akan hal tersebut, kira-kira faktor apa yang mengakibatkan motor matic yang sebelumnya disemprot disinfektan tidak terbakar?

Baca Juga: Heboh Motor Terbakar Saat Disemprot Desinfektan, Ini Komentar Mekanik

“Bukannya tidak mungkin motor matic terbakar saat disemprot disinfektan yang mungkin mengandung alkohol. Namun risiko motor jenis matic terbakar karena semprotan tersebut jadi lebih kecil,” ujar Suryo, mekanik bengkel R59 Racing, Ciputat, Tangerang Selatan.

Sebab, pada motor matic sebagian besar area mesin, sistem pengapian dan saluran bensin letaknya ada di tengah motor dan tertutup oleh cover body.

Video motor terbakar saat disemprot disinfektan
Instagram
Video motor terbakar saat disemprot disinfektan

Sehingga peluang cairan disinfektan yang kemungkinan mengandung alkohol dan terkena bagian yang mengeluarkan api jadi lebih kecil karena tertutup cover body.

Meskipun begitu, kalau cairan yang mudah terbakar terkena sambungan leher knalpot dengan mesin yang mungkin bocor, bisa saja ikut menimbulkan kobaran api juga.

Baca Juga: Dua Penyebab Motor Terbakar Saat Disemprot Cairan Disinfektan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa