Sering Pakai BBM Diesel Jelek, Fuel Pump Jadi Rusak? Ini Penyebabnya

Radityo Herdianto - Rabu, 3 Juni 2020 | 08:00 WIB
Toyota Fortuner terpaksa isi solar eceran di Sulawesi Barat
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Toyota Fortuner terpaksa isi solar eceran di Sulawesi Barat

GridOto.com - Mobil mesin diesel modern yang menggunakan common rail disarankan untuk selalu menggunakan BBM diesel dengan cetane number tinggi.

Bahan bakar diesel dengan angka cetane rendah mengandung unsur sulfur yang cukup tinggi dan memberikan efek buruk bagi mesin mobil diesel.

Terutama jika Anda selalu mengisi mobil diesel dengan bahan bakar diesel kualitas rendah bisa menyebabkan kerusakan fuel pump.

"Di dalam fuel pump ada bagian seal atau solenoid untuk mengatur bukaan besar tekanan sirkulasi bahan bakar di common rail," buka Hans Steven, pemilik bengkel spesialis Speed'Z Performance Tangerang kepada GridOto.com.

Lanjut Hans, solenoid akan menghasilkan tekanan tinggi untuk masuk ke injektor agar bahan bakar bisa dikabutkan dan mengatur tekanan rendah aliran bahan bakar yang balik ke tangki.

Fuel Pump Mobil Mesin Diesel
http://www.wikiwand.com/en/Injection_pump
Fuel Pump Mobil Mesin Diesel

Baca Juga: Awas, Salah Pakai Oli Mobil Bisa Ganggu Kerja Katup Variabel Mesin

"Yang jadi masalah diesel busuk itu ppm sulfurnya tinggi, bisa jadi endapan kotoran di solenoid fuel pump yang bikin macet," tekan Hans.

Efeknya, tekanan sirkulasi bahan bakar jadi terhambat yang mengganggu pasokan bahan bakar saat dikabutkan di ruang bakar.

"Terutama saat digeber putaran tinggi, solenoid tidak bisa buka maksimal, pasokan bahan bakar yang dikompresi kurang, mesin jadi brebet dan tenaga drop," terang Hans. 

"Perlu diwaspadai juga diesel busuk itu banyak air, bagian logam solenoid yang terkena air terus bisa jadi korosif," tutur Hans.

Dalam jangka waktu tertentu, hempasan tekanan tinggi dari bahan bakar bisa berpotensi menjebol solenoid yang sudah korosif dan rapuh.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa