Jarang Ganti Filter Bahan Bakar, Mobil Mesin Diesel Bisa Mogok?

Radityo Herdianto - Selasa, 2 Juni 2020 | 15:00 WIB
Ilustrasi Filter Solar Mobil Diesel
www.dnaoffroad.com.au
Ilustrasi Filter Solar Mobil Diesel

GridOto.com - Filter bahan bakar atau beken dipanggil filter solar bertugas menjaga kandungan bahan bakar yang masuk ke dalam saluran dan ruang bakar mesin diesel tetap bersih.

Terutama untuk mobil diesel dengan teknologi common rail yang dinilai sensitif terhadap kualitas bahan bakar diesel, filter bahan bakar menjadi komponen penting.

Jarang mengganti filter solar secara berkala ternyata bisa bikin mesin mobil diesel jadi mogok yang patut diperhatikan.

"Bahan bakar diesel terutama yang kualitas rendah itu kandungan sulfurnya tinggi, lama-lama bisa mengendap di tangki," terang Didi Ahadi, Head of Dealer Technical Support Department PT Toyota-Astra Motor kepada GridOto.com.

Ketika fuel pump bekerja, bahan bakar akan tersedot menuju filter solar bersamaan dengan endapan sulfur yang larut.

Filter Solar Genuine Parts Mitsubishi Pajero Sport Dakar
Radityo Herdianto
Filter Solar Genuine Parts Mitsubishi Pajero Sport Dakar

Baca Juga: Awas, Salah Pakai Oli Mobil Bisa Ganggu Kerja Katup Variabel Mesin

"Di dalam filter ada bagian saringan kertas seperti sarang lebah, rongga-rongga itu akan menyaring endapan kotoran dengan tetap menjaga aliran bahan bakar yang masuk," jelas Didi.

Jika filter solar tidak diganti, kotoran yang disaring lama-lama akan menutup rongga-rongga saringan yang menghambat aliran bahan bakar.

"Pasokan bahan bakar di dalam mesin berkurang, pengabutan bahan bakar dari injektor ke ruang mesin juga tidak optimal," tutur Didi.

Lanjut Didi, karena debit bahan bakar yang dikabut tidak teratur akan mengganggu pembakaran yang menyebabkan mesin menjadi knocking.

"Bahkan mesin bisa mogok karena tidak ada bahan bakar yang disemprot injektor, tidak ada aliran bahan bakar yang masuk," tekan Didi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa