Kenali Ciri Wiper yang Sudah Minta Diganti, Langsung Beli 1 Set atau Karetnya Saja?

Harun Rasyid - Minggu, 24 Mei 2020 | 21:40 WIB
Wiper Mobil
GridOto.com
Wiper Mobil

GridOto.com - Seiring pemakaian, wiper atau penyeka kaca mobil pasti termakan usia dan harus diganti.

Sebab jika tidak diganti, kinerja wiper untuk menyapu air hujan atau membersihkan debu di kaca pasti sudah enggak maksimal.

Arief Hidayat, selaku CEO PT Welty Indah Perkasa (Wealthy Group) mengatakan, tidak ada batasan yang pasti mengenai waktu penggantian wiper.

Hanya saja kita bisa mengenali ciri-cirinya, apabila kinerja wiper tersebut sudah mulai menurun  dan layak untuk segera diganti.

Baca Juga: Jangan Mengelap Wiper Jika Kotor, Begini Cara Membersihkannya Yang Benar

"Interval atau waktu pasti buat penggantian wiper itu sebenarnya enggak ada. Karena saya enggak tahu wiper di pasaran itu bagaimana produksinya. Tapi jika dilihat lagi di bagian karetnya, ketika dipegang sudah mulai mengeras, nah itu sudah waktunya ganti," ujar Arief beberapa waktu lalu.

Seiring waktu sapuan wiper menjadi tidak maksimal
Istimewa
Seiring waktu sapuan wiper menjadi tidak maksimal


Namun hal itu menimbulkan lagi pertanyaan dari para pemilik mobil, apakah perlu mengganti 1 set wiper atau hanya mengganti bagian karetnya saja?

"Pemilik mobil harus tahu mau ganti 1 set wiper atau karetnya saja, ia harus melihat karetnya dan juga bagian lainnya. Jadi jangan mau disuruh ganti 1 set begitu saja saat di bengkel," jelas Arief saat acara diskusi virtual dengan tema 'Hal Penting Tentang Wiper Mobil', Rabu (20/5/2020).

Selain itu, Arief juga memberikan tips bagaimana cara memilih karet wiper yang baik.

Baca Juga: Salah Besar, Angkat Wiper Saat Parkir Malah Bisa Merusak Bagian Ini Sob!

"Kalau melihat dari segi harga, pasti semakin mahal pasti semakin bagus kualitas barangnya. Namun untuk mencari karet wiper yang awet dan tahan segala musim di Indonesia, cari yang minimum bisa menyapu 800 ribu kali hapusan," terangnya.

Jumlah tersebut menurutnya bukanlah sesuatu yang sedikit, tapi itulah standar karet wiper dengan ketahanan yang bagus.

"800 ribu hapusan itu jumlahnya enggak sedikit, tapi itulah standar karet wiper yang baik. Sehingga bisa bertahan hingga pemakaian setengah tahun," tutupnya.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa