Ini Bagian Penting di Mika Lampu Mobil yang Jarang Diketahui Orang

Radityo Herdianto - Kamis, 28 Mei 2020 | 08:00 WIB
Lampu depan MG ZS
Dylan Andika/GridOto.com
Lampu depan MG ZS

GridOto.com - Lampu mobil menjadi satu-satunya bagian yang membantu visibilitas dan penerangan saat berkendara malam hari.

Tidak hanya dari sumber cahaya, mika lampu mobil juga punya peran penting untuk tetap menjaga pancaran cahaya tetap terlihat jelas.

Jarang diketahui banyak orang, ada satu bagian yang cukup penting dimiliki mika lampu mobil.

"Di permukaan mika lampu mobil sebenarnya ada lembaran tipis sebagai lapisan pelindung mika lampu," buka Wandy Darmansyah, pemilik workshop Graphic Factory Sticker, Jakarta Barat kepada GridOto.com.

Lanjut Wandy, lapisan ini memiliki fungsi yang mirip layaknya coating pada cat mobil untuk menjaga mika lampu dari partikel kotoran kecil.

Lampu Utama Toyota New Agya
Radityo Herdianto
Lampu Utama Toyota New Agya

Baca Juga: Cek Tekanan Angin Ban Mobil yang Ideal, Bagian Ini Wajib Diperhatikan

"Sewaktu di jalan atau saat dibersihkan, lapisan pelindung ini mencegah mika lampu mobil jadi baret," terang Wandy.

Selain melindungi mika lampu mobil dari benda luar, lapisan ini juga menjaga keawetan mika lampu dari paparan suhu panas dan cuaca.

"Mika itu kan bahan plastik yang selalu kena panas dari matahari waktu siang dan panas dari lampu waktu malam, normalnya bahan plastik mudah pecah-pecah atau retak halus," tutur Wandy.

Lapisan pelindung ini menjaga mika lampu dari paparan panas langsung dan terus mengikat permukaan mika plastik agar tetap kuat tidak mudah getas atau retak.

"Faktor cuaca bisa bikin mika lampu mengalami oksidasi langsung dan jadi menguning atau kusam, lapisan ini mencegah supaya hal itu tidak terjadi," tekan Wandy.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa