Pandemi Covid-19 Bikin Pola Pembelian Mobil Berubah, Transaksi Tunai Meningkat, Pembeli Pertama Berkurang

Muhammad Rizqi Pradana - Jumat, 15 Mei 2020 | 18:20 WIB
Penyumbang penjualan terbesar Daihatsu, yakni Sigra mendominasi dengan raihan 12.868 unit, berkontribusi sebesar 29%. Lalu Gran Max (PU) 8.805 unit (19,9%), dan Terios 7.131 unit (16,1%)
daihatsu-cibubur.com
Penyumbang penjualan terbesar Daihatsu, yakni Sigra mendominasi dengan raihan 12.868 unit, berkontribusi sebesar 29%. Lalu Gran Max (PU) 8.805 unit (19,9%), dan Terios 7.131 unit (16,1%)

GridOto.com - Sebelum pandemi Covid-19, pola pembelian mobil lansiran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Indonesia didominasi oleh pembelian secara kredit.

Namun, melemahnya kondisi ekonomi yang diikuti pengetatan kriteria pemberian kredit dari para lembaga pembiayaan, membuat para calon pembeli kesulitan untuk melakukan transaksi.

Hendrayadi Lastiyoso, selaku Marketing and CR Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, hal tersebut membuat para konsumen beralih ke pembelian secara tunai.

“Pola pembelian Daihatsu itu normalnya 80 persen kredit 20 persen tunai, tapi sampai dengan bulan April lalu, transaksi tunai meningkat menjadi 25 persen,” ujarnya pada conference call kemarin (14/05/2020).

Baca Juga: Rapor Penjualan Mobil Daihatsu April 2020, Model Ini Jadi Penyumbang Penjualan Terbesar, Xenia Malah Anjlok!

Tidak sampai di situ, ia juga mengungkapkan bahwa persentase pembelian tunai kembali meningkat hingga 35 persen menurut data terbaru mereka pada Mei 2020 ini.

“Menurun karena mendapatkan persetujuan kredit mobil dari pihak pembiayaan juga lebih susah sekarang,” tukas pria yang biasa disapa Hendra itu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa