Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Komponen Selis Garuda Yang Masih Dipakai Katalis EV.500, Apa Saja?

Harry - Senin, 11 Mei 2020 | 19:30 WIB
Katalis EV.500
Ibnu/Gridoto.com
Katalis EV.500

GridOto.com - Katalis EV.500 sempat mencuri perhatian kala banyak dibincangkan lewat media sosial, sampai akhirnya GridOto.com bisa melihatnya langsung dan mencobanya.

Ternyata ini motor listrik hasil modifikasi dari Selis Garuda, sebuah sepeda listrik yang banyak dipakai ibu-ibu untuk aktifitas jarak dekat, juga dilengkapi pedal layaknya sepeda.

Baca Juga: Nyoba Motor Listrik Katalis EV.500, Berbasis Selis Garuda, Desain Dari Pesawat Perang Dunia

Karena modifikasi, tentu hampir seluruh komponennya dibuat ulang sob, hanya beberapa komponen vital dari sepeda listrik tersebut yang masih digunakan.

Yakni baterai dengan spesifikasi 48 volt 12 Ah, lalu motor listrik berdaya 500 watt. Kemudian sistem pengisian daya baterai dan juga charger-nya.

Sambungan bodi Katalis EV.500
Okky/Gridoto.com
Sambungan bodi Katalis EV.500

Dengan komponen-komponen tersebut, Katalis EV.500 punya performa yang persis sama dengan Selis Garuda, yakni jarak tempuh maksimal 40 km dan topspeed sampai 40 km/jam.

"Sok depan juga masih bawaan Selis, cuma segitiga bawah kita ganti kita bikin ulang pakai bahan dural," ujar Joseph Sinaga, Head of Strategy Katalis.

Baca Juga: Katalis EV.500, Sepeda Listrik Yang Dimodifikasi Jadi Keren, Yuk Tonton Detail Ubahannya

Sisanya dibuat ulang mulai dari rangka sampai bodi, yang bisa dikreasi sesuai konsep modifikasi yang diinginkan.

Nah, Katalis EV.500 sendiri punya konsep P51 Mustang, yang merupakan pesawat perang dunia kedua milik Amerika Serikat. Pesawat ini dikenal tangguh.

Katalis EV.500
Okky/Gridoto.com
Katalis EV.500

Konsep itu dituangkan lewat desain sekaligus material yang dipakai, yakni aluminium yang tiap panel bodinya dipasang pakai paku rivet.

(Baca Juga: Canggih! Alarm Viar New Q1 Gak Cuma Teriak, Tapi Roda Belakang Otomatis Terkunci Sendiri)

Enggak cuma bodinya saja, tapi juga rangkanya pakai bahan yang sama, cuma dengan ketebalan yang berbeda, yakni pakai tebal tiga mili meter.

Hasilnya Katalis EV.500 jadi motor listrik modifikasi berdesain unik. Ada yang mau ikutan modifikasi Selis Garuda jadi seperti ini?

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa