Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Rahasia Girboks Transmisi Otomatis Bisa Bebas dari Endapan Kotoran

Radityo Herdianto - Senin, 11 Mei 2020 | 19:00 WIB
Ilustrasi. Magnet di Bak Oli Transmisi Otomatis
mercedessource.com
Ilustrasi. Magnet di Bak Oli Transmisi Otomatis

GridOto.com - Bekerja mengandalkan tekanan oli, kualitas oli transmisi sangat berpengaruh pada kelancaran kerja sistem transmisi otomatis.

Pergerakan komponen di dalam girboks mobil matik selama pemakaian akan menghasilkan residu kotoran yang mengurangi kualitas oli transmisi otomatis.

Untuk mencegah menurunnya kualitas oli transmisi karena endapan kotoran, ini rahasia yang dimiliki girboks transmisi otomatis.

"Girboks transmisi matik punya bagian bak oli yang bermagnet atau istilahnya magnetic pan transmission," buka Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic kepada GridOto.com.

Magnetic pan transmission terdiri dari beberapa buah magnet berbentuk kotak atau bulat yang menempel di bagian dasar bak oli girboks.

Ilustrasi. Magnetic Pan Transmisi Otomatis
ford-trucks.com
Ilustrasi. Magnetic Pan Transmisi Otomatis

Baca Juga: Apa Benar Transmisi Matik Cepat Rusak Kalau Mobil Jarang Dipakai?

"Girboks transmisi matik kan tertutup rapat, normalnya kotoran yang dihasilkan tidak ada selain gram atau debris dari logam komponen di dalamnya," terang Hermas.

Menurut Hermas, partikel kotoran yang dihasilkan di dalam girboks transmisi otomatis tidak cukup mengandalkan filter oli karena ukurannya yang cenderung besar dan kasar.

"Bagaimana caranya supaya gram-gram ini tidak ikut saat oli bersirkulasi, diperlukan bagian yang bermagnet," lanjut Hermas.

Sehingga oli transmisi yang bersirkulasi kembali ke dalam girboks tetap bersih karena kotoran yang langsung menempel ke permukaan bak oli.

"Magnet ini juga memudahkan membersihkan kotoran di dalam girboks saat kuras oli transmisi karena terkumpul di satu bagian," tutup Hermas.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa