Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Filter Oli Avanza Lawas dengan Baru

Radityo Herdianto - Senin, 4 Mei 2020 | 21:00 WIB
Filter oli mesin Toyota Avanza terbaru
Ryan/GridOto.com
Filter oli mesin Toyota Avanza terbaru

GridOto.com - Menggunakan basis mesin yang sama, bukan berarti Toyota Avanza generasi awal dan terbaru memakai komponen yang serupa.

Tidak terkecuali masih banyak yang mempertanyakan filter oli mesin Toyota Avanza generasi awal dengan yang baru apakah sama atau berbeda.

Serupa tapi tak sama, ternyata filter oli genuine parts Toyota Avanza lawas punya perbedaan dengan Avanza generasi baru.

"Kalau dilihat fisiknya sama persis, nyaris tidak terlihat perbedaan ukuran, bentuk, atau drat ulirnya," tekan Dhaniar, Technical Leader Auto2000 Permata Hijau, Jakarta Selatan kepada GridOto.com.

Tapi jika melihat ke bagian kode partnya, disinilah Anda bisa melihat perbedaan pertama filter oli mesin mobil antar generasi ini.

Ilustrasi. Filter Oli Mesin Mobil
ryan/gridoto.com
Ilustrasi. Filter Oli Mesin Mobil

Baca Juga: Speedometer Toyota Kijang Innova Generasi Awal Rusak, Ini Penyebabnya

"Untuk Avanza lawas kode part-nya 15601-BZ010, sedangkan yang baru itu 15601-YZZT1," tutur Dhaniar.

Bukan sekedar beda huruf dan angka, kode part ini juga menandakan adanya perbedaan fungsi daya saring filter oli itu sendiri.

"Part number beda karena ada penyesuaian spesifikasi mesin yang mengalami perubahan dari generasi awal ke generasi terbaru," terang Dhaniar.

Lanjut Dhaniar, adanya fitur tambahan dual VVTi di Avanza baru yang sebelumnya hanya single VVTi punya pengaruh terhadap kualitas oli yang diperlukan setelah disaring filter oli.

"Tenaga juga semakin naik, sisa residu kotoran yang dihasilkan dan harus disaring setelah mesin kerja juga beda," ujar Dhaniar.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa