Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Warna Putih Mobil Mulai Menguning, Begini Cara Kembalikan Warnanya

Radityo Herdianto - Senin, 27 April 2020 | 10:00 WIB
Ilustrasi Mobil Putih Mengalami Yellowing
Radityo Herdianto
Ilustrasi Mobil Putih Mengalami Yellowing

GridOto.com - Satu masalah yang kerap menghantui pemilik mobil warna putih adalah gejala yellowing atau warna menguning.

Warna putih cat mobil bisa menguning karena adanya proses oksidasi dan kotoran yang lama menempel menjadi bercak di permukaan cat mobil.

Bukan berarti tidak bisa diperbaiki, begini cara mengembalikan warna putih cat mobil dari gejala yellowing.

"Harus pakai cairan kompon untuk melakukan proses sanding dalam mengoreksi perubahan pigmen warna cat mobil atau paint correction," buka Jupiter, pemilik workshop detailing HD Car Care Lebak Bulus kepada GridOto.com.

Cairan kompon memiliki tekstur kasar seperti amplas yang berfungsi mengikis lapisan terluar (clear coat) dan pigmen warna cat mobil yang sudah kusam atau rusak akibat oksidasi.

Ilustrasi poles mobil
Radityo Herdianto
Ilustrasi poles mobil

Baca Juga: Dinilai Paling Aman, Ini Dua Kelemahan Utama Tambal Ban Tip Top

"Pengaplikasian cairan kompon bisa menggunakan bantuan alat poles dengan pad halus atau bantalan pad khusus untuk memoles dengan tangan, dipoles dengan gerakan memutar," terang Jupiter.

Lapisan clear coat dan pigmen warna yang sudah terkikis dari proses sanding akan memunculkan kembali warna asli dari cat putih.

"Tapi putihnya tidak seputih awal-awal cat mobil masih baru, hanya menyamarkan efek menguning sampai tidak terlihat kasat mata," tekan Jupiter.

Sehabis proses sanding, Anda bisa aplikasikan lapisan waxing atau coating untuk memberi proteksi lapisan dasar cat mobil.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa