Sudah Upgrade Pengereman Motor, Katup Rem Aftermarket Tetap Berfungsi?

Muhammad Farhan - Sabtu, 25 April 2020 | 09:40 WIB
Ilustrasi posisi katup rem ABS aftermarket di motor
youtube.com/motorplus
Ilustrasi posisi katup rem ABS aftermarket di motor

GridOto.com – Berminat pasang katup rem ABS aftermarket di motor, apakah tetap berfungsi cegah ban terkunci meski sudah upgrade peranti pengereman di motor?

Demi alasan gengsi atau safety, sebagian bikers memutuskan upgrade master rem, slang rem, atau kaliper rem bawaan motor dengan produk merek ternama.

Pertanyaannya, apakah manfaat katup rem aftermarket yang bisa mengurangi risiko rem mengunci tetap didapat sekaligus tidak mengurangi performa sistem pengereman?

“Tentu masih berfungsi, sebab secara prinsip kerjanya pengereman tetap sama yaitu pakai dorongan fluida dari master rem menuju kaliper,” ujar Teguh Suryadi, staf bengkel Ultraspeed Racing, Daan Mogot, Jakarta Barat.

Baca Juga: Awas. . Ini Bahayanya Menyimpan Helm Motor Tanpa Sarung Helm

Karena sifatnya universal, katup rem aftermarket seperti keluaran Protec ini bisa terpasang di slang rem atau kaliper rem merek atau tipe apapun.

Mulai dari slang rem standar dan braided aftermarket, hingga kaliper rem 1 sampai 4 piston atau tipe axial dan radial di motor.

Motor non ABS terpasang modul Protec ABS
Istimewa
Motor non ABS terpasang modul Protec ABS

Dengan kata lain, katup rem aftermarket bisa terpasang di motor bebek, matic hingga sport merek dan model apapun di pasaran.

“Nah untuk motor dengan sistem cakram combi brake juga bisa, asalkan bukan combi brake pada motor yang sudah dibekali rem ABS dari pabrikan,” ungkapnya.

Baca Juga: Tinggal Semprot, Nih Cara Ampuh Melepas Handgrip di Setang Motor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa