Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Corona!

Waspada Stres Karena PSBB, Psikolog: Lakukan Berbagai Kegiatan Positif!

Harun Rasyid - Selasa, 14 April 2020 | 15:45 WIB
Polres Metro Jakarta Barat Penerapan PSBB
Rudy Hansend/GridOto.com
Polres Metro Jakarta Barat Penerapan PSBB

GridOto.com - Menyebarnya virus Corona di Indonesia, membuat masyarakat kini harus mengubah pola kegiatan sosialnya, mulai dari bekerja, belajar dan beragam aktivitas lainnya yang sebaiknya dilakukan di rumah.

Apalagi aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sudah berlaku di Jakarta, dikhawatirkan dapat memicu stres yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Psikolog, Fenny Junita M.Psi. mengatakan, demi menghindari stres, masyarakat bisa melakukan beberapa kegiatan positif.

"Yang pertama wajib jaga kesehatan, istirahat yang cukup, jangan lupa olahraga dan juga konsumsi makanan yang bergizi dan sehat," ujar Fenny, Jumat (10/4/2020).

Baca Juga: Jalan Sepi Bisa Memicu Terjadinya Kecelakaan, Begini Penjelasan Psikolog

"Selain itu, hindari juga melihat berita atau postingan negatif di sosial media, terutama tentang Covid-19. Artinya membaca berita tentang pandemi ini secukupnya saja," jelasnya lagi.

Fenny menyebut, melakukan hal-hal yang disukai juga dapat membantu mencegah stres.

Ilustrasi mencuci mobil
GridOto.com
Ilustrasi mencuci mobil


"Meluangkan waktu pada aktivitas yang disukai atau mencoba hal baru yang diminati sangat baik untuk mencegah stres. Misalnya mencuci dan juga merawat kendaraan kesayangan," sebut Fenny saat dihubungi GridOto.com.

Selain itu sob, aktivitas lainnya seperti belanja apalagi saat ada diskon, menurut penelitian dari Universitas Westminster, London, bisa meningkatkan produksi hormon endorfin yang memberikan rasa bahagia dan tenang.

Baca Juga: Seberapa Penting Bikin SIM Wajib Tes Psikologi? Ini Faktanya

Jadi belanja barang yang diinginkan, seperti apparel riding, aksesori dan sparepart motor atau mobil yang sedang dicari dapat berefek bagus sob buat kesehatan mental.

Tapi untuk mencegah penyebaran virus Corona, sebaiknya belanja dilakukan lewat marketplace atau toko online saja ya sob. Selain itu banyak tempat usaha tutup.

Poster film Ford v Ferrari
Latestly.com
Poster film Ford v Ferrari


Selain itu nonton film yang disukai juga baik untuk memperbaiki mood dan mencegah stres.

Dikutip dari Kompas.com, Psikolog, Gary Solomon, Ph.D, dari College of Southern Nevada mengungkapkan bahwa menonton film memiliki manfaat terapi untuk penderita depresi dan gangguan mood bagi penontonnya.

Baca Juga: Insiden Nissan GT-R Buktikan Jalan Tol Bukan Arena Balap, Psikolog Jelaskan Pemicu Kebut-kebutan

Film-film seru berbau otomotif seperti Fast & Furious, Cars, Rush, The Italian Job, Death Proof, Hitting The Apex hingga Ford Vs Ferrari bisa jadi rekomendasi nih sob saat melakukan anjuran untuk tetap berada di rumah alias stay at home.

Fenny menambahkan, berkomunikasi dengan keluarga di rumah atau dengan teman juga dapat mencegah stres.

"Rasa cemas dan pikiran negatif yang memicu stres, juga bisa dihindari dengan ngobrol hal positif dengan keluarga, bercanda atau saling support dengan teman dekat via sosial media atau aplikasi video call," tutup Fenny.

Editor : Fendi
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa