Produksi Daihatsu Turun Imbas Covid-19, Target Penjualan Direvisi

Wisnu Andebar - Senin, 6 April 2020 | 18:20 WIB
Daihatsu Ayla facelift
Istimewa
Daihatsu Ayla facelift

GridOto.com - Pandemi virus Corona (Covid-19) turut berimbas terhadap aktivitas produksi sejumlah pabrikan otomotif Tanah Air.

Salah satunya PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yang melakukan penyesuaian produksi sejalan dengan kelesuan pasar dan kondisi terkini.

"Produksi turun, bulan ke bulan akan disesuaikan dengan demand (permintaan)," kata Amelia Tjandra, Marketing Director ADM kepada media dalam rapat yang digelar secara online, Senin (6/4/2020).

Namun, Amel mengaku tidak bisa memaparkan secara pasti berapa jumlah penurunan produksi tersebut.

(Baca Juga: Daihatsu TAFT 2020 Sudah Bisa Dipesan di Jepang, Bakal Jadi Pesaing Suzuki Jimny?)

"Saya tidak bisa pastikan berapa karena kondisi market sangat fluktuatif," jelasnya lagi.

Kendati kondisi pasar di awal tahun yang cukup anjlok, Daihatsu akan merevisi target tahun ini mengikuti apa yang diprediksi oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO).

"Jadi volumenya berapa disesuaikan dengan pasarnya, kalau GAIKINDO memperkirakan pasar turun sekitar 40-an persen secara volume, pasti kami ikut turun 40 persen," tandasnya.

Lebih lanjut, Daihatsu juga bakal mengurangi kegiatan produksi di pabriknya dengan menerapkan sistem shifting selama April 2020 ini.

(Baca Juga: Rupiah Anjlok Imbas Covid-19, Daihatsu Sebut Bakal Pengaruh ke Harga)

Hal tersebut dilakukan, sejalan dengan usulan pemerintah untuk tidak pulang ke kampung halaman saat kondisi pandemi seperti ini.

"Daihatsu memilih (bekerja) dua hari sekali, jadi sehari libur sehari masuk, kalau ditotal masa kerjanya kira-kira sama seperti mereka (pabrikan lain yang stop produksi selama dua minggu)," imbuh Amel lagi.

"Kenapa Daihatsu memilih dua hari sekali? karena kami mengikuti anjuran pemerintah, kalau dikasih libur dua minggu ini, nanti pasti ada yang pulang kampung. Jadi itu masalah management saja, kalau merek lain mungkin mengatur dua minggu terakhirnya libur, tapi dua minggu di awal mereka masuk," tutupnya.

Baca Juga: Gara-gara Virus Corona Penjualan Daihatsu Bulan Maret 2020 Merosot

Sebagai informasi, Daihatsu memiliki pabrik yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara dengan kapasitas produksi sebanyak 330 ribu per tahun.

Sedangkan pabrik yang berada di Karawang, Jawa Barat memiliki kapasitas produksi sebanyak 200 ribu unit per tahun.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa