Jangan Asal! Ini Efek Negatif Sembarang Ganti Ampere Sekring di Motor

Muhammad Farhan - Kamis, 26 Maret 2020 | 12:40 WIB
Box sekring
Motorplus
Box sekring

GridOto.com - Jangan asal pilih dan pasang! Ini efek negatif yang timbul kalau sembarangan ganti ampere sekring di motor.

Punya bentuk simpel, sekring model tancap yang berwarna-warni ini punya fungsi penting cegah timbulnya korsleting pada jalur kelistrikan.

Menggunakan sistem sekring model paralel, setiap perangkat kelistrikan di motor memiliki sekring tersendiri.

"Saat mengganti daya sekring harus dengan perhitungan. Kalau motor kondisi standar sebaiknya ikuti saja anjuran dari pabrikan motor," ujar Topik, pemilik bengkel spesialis kelistrikan, Barokah Service, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

(Baca Juga: Street Manners : Nih Fungsi dan Cara Pakai Lampu Hazard di Motor)

Nah buat yang sudah ada ubahan di perangkat kelistrikan, satuan daya ampere sekring memang disarankan untuk diganti sesuai dengan kebutuhan.

"Karena beban kelistrikan bertambah setelah ada modifikasi, sudah tentu bakal ada efek negatifnya kalau sekring tidak disesuaikan," ungkapnya.

Posisi Sekring
Rizky/Otomotifnet
Posisi Sekring

Jika ampere sekring diganti dengan angka yang lebih besar, maka bila terjadi korsleting sekring memang tidak langsung putus tapi efeknya bisa meleleh atau bahkan kabel terbakar.

Nah kalau lebih kecil, sekring juga bakal sering putus karena dilewati arus listrik yang lebih besar.

(Baca Juga: Bikin Garuk Kepala, Harga Sepatbor Besi Honda Win Tembus Rp 3 Juta!)

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa