Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Isu Impor Truk Bekas Masih Terdengar, Menperin: Itu Tidak Akan Terjadi!

Harun Rasyid - Jumat, 6 Maret 2020 | 19:40 WIB
Ilustrasi kendaraan komersial truk
Harun/GridOto.com
Ilustrasi kendaraan komersial truk

GridOto.com - Demi mendukung pertumbuhan industri otomotif dalam negeri khususnya di segmen kendaraan komersial, pihak Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membantah adanya isu impor truk bekas ke Indonesia.

Agus Gumiwang Kartasasmita, selaku Menteri Perindustrian mengatakan, saat ini industri kendaraan komersial di Indonesia sudah cukup maju dan berjalan baik.

Namun ia menyebut, impor truk bekas bisa saja dilakukan, jika alat atau kendaraan tersebut benar-benar tidak bisa diproduksi di dalam negeri.

(Baca Juga: Industri Otomotif Ditargetkan Tumbuh 6 Persen Tahun Ini, Menperin Beri Penjelasan)

"Saya bisa menyampaikan, jangan khawatir, kami memastikan impor truk bekas itu tidak akan pernah terjadi di Indonesia," kata Agus saat berada di GIICOMVEC 2020, Kamis (5/3/2020).

"Impor truk bekas bisa dilakukan, kecuali truk tersebut tidak bisa dikembangkan dan dibuat di Indonesia seperti kendaraan untuk pertambangan. Tapi intinya industri otomotif kendaraan komersial kita saat ini sudah bisa produksi truk," jelas Agus kepada GridOto.com.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, saat pidato pembukaan GIICOMVEC 2020.
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, saat pidato pembukaan GIICOMVEC 2020.


Untuk itu, Kemenperin bekerjasama dengan asosiasi otomotif seperti Gaikindo, terus berusaha mendorong pertumbuhan industri kendaraan komersial.

"Dalam konteks ini yang pasti pemerintah harus siapkan regulasi, jangan sampai mencederai industri itu sendiri. Kalau ada pemikiran truk-truk bekas boleh diimpor dari luar negeri, itu pemikiran yang salah," tutur Agus.

(Baca Juga: Hino Luncurkan Truk Baru Sepanjang 12 Meter, Anti-ODOL dan Mampu Bawa Beban 15 Ton)

Ia menambahkan, kedepannya Kemenperin juga siap menerima saran atau masukan dari segenap pihak pelaku industri maupun asosiasi demi memajukan industri otomotif kendaraan komersial.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa