Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Punya Teknologi Terkini, Apa yang Jadi Kelebihan Ban Asimetris?

Radityo Herdianto - Jumat, 6 Maret 2020 | 20:00 WIB
Tapak Ban Asimetris
Radityo Herdianto
Tapak Ban Asimetris

GridOto.com - Ban asimetris merupakan teknologi lanjutan dari tapak ban untuk mendapatkan grip yang lebih optimal.

Layaknya dua ban yang dijadikan satu, ban asimetris memiliki pola alur tapak dan konstruksi yang berbeda di sisi dalam dan luar ban.

Dikembangkan dengan teknologi yang lebih canggih, apa yang menjadi kelebihan ban asimetris?

"Grip ban asimetris lebih sempurna dan merata karena di jalan kering nempel, di jalan basah tetap grip," tegas Wibowo Santosa, pemilik bengkel spesialis Permaisuri Ban kepada GridOto.com.

Pola alur tapak ban simetris di sisi dalam ban memiliki garis yang lebih rapat dan lebih banyak untuk memaksimalkan memecah genangan air di jalan.

Tapak Ban Asimetris
Radityo Herdianto
Tapak Ban Asimetris

(Baca Juga: Kenali Lebih dalam Teknologi Ban Asimetris, Simak Nih Biar Paham)

Di bagian sisi luar ban, pola alur lebih sedikit untuk memaksimalkan luas area tapak ban yang mengalami kontak dengan permukaan jalan.

"Saat digunakan untuk bermanuver ban asimetris jauh lebih stabil karena konstruksi sisi luar ban dibuat lebih rigid untuk menahan titik tumpu beban saat menikung," jelas Wibowo.

Perbedaan konstruksi ban asimetris juga mengatasi masalah camber negatif (miring ke dalam) ban saat mobil diberi beban yang membuat kontak tapak ban ke permukaan aspal tidak sempurna.

Konstruksi sisi dalam ban asimetris dibuat lebih lembut untuk menjaga area tapak ban mengalami kontak yang sempurna ke permukaan jalan.

"Karena itu produk flagship merek-merek ban bisa dipastikan sudah pakai jenis ban asimetris, seperti Michelin Pilot Sport seris atau Pirelli P Zero," sebut Wibowo.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa