Ditlantas Polda DIY Akan Lakukan Uji Coba ETLE di Empat Titik Ini

Ruditya Yogi Wardana - Sabtu, 29 Februari 2020 | 13:15 WIB
Ilustrasi razia oleh petugas polisi
Tribunjogja.com
Ilustrasi razia oleh petugas polisi

GridOto.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIY akan menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di wilayah hukum Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sistem tersebut rencananya akan mulai berlaku pada akhir Maret atau awal April mendatang di empat titik.

"Sekarang proses tahapan kita sedang melakukan instalasi kamera artificial intelegence guna penegakkan hukum secara elektronik. Setelah rampung nanti akan coba kita sosialisasikan kepada masyarakat," ujar Dirlantas Polda DIT, Kombes Pol I Made Agus dikutip dari Tribunjojga.com.

Lanjutnya, keberadaan sistem tersebur juga sebagai penunjang infrastuktur menyusul akan mulai beroperasinya Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, Wates.

(Baca Juga: Enggak Mau Ketinggalan, Kabupaten Lamongan Juga Bakal Terapkan ETLE, Catat Nih Lokasi Pemasangannya!)

"Nanti akan ada kamera check point yang akan berfungsi memantau pelanggara seperti batas kecepatan, safety belt dan pengendara yang menggunakan handphone," jelasnya.

Selain Wates, area Maguwo, Ketandan dan Ngabean akan menjadi lokasi uji coba yang nantinya terpasang kamera e-police.

Kamera tersebut berfungsi untuk memantau pelanggaran seperti marka jalan, stop line, maupun pengendara yang menggunakan handphone.

"Nanti juga akan ada kontribusi dari pemda namun untuk titik-titik lainnya akan kita matangkan dan kordinasi lebih lanjut," katanya.

(Baca Juga: Bikin Resah Warga, Kabar Penerapan ETLE di Depok Langsung Dibantah Walikota)

Editor : Hendra
Sumber : Tribunjogja.com

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa