Mobil Matik Aman Terendam Banjir, Kecuali untuk Yang Satu Ini

Radityo Herdianto - Selasa, 25 Februari 2020 | 12:30 WIB
Banjir Kembali Melanda Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Istimewa
Banjir Kembali Melanda Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

GridOto.com - Sebagian besar wilayah Jakarta dan sekitarnya terdampak banjir akibat dari hujan deras sejak Senin malam (25/2).

Dampak banjir memberikan kekhawatiran tersendiri bagi pemilik mobil matik yang mengalami terendam banjir.

Transmisi matik berkaitan dengan sistem elektrikal, tentu air menjadi musuh utama jika mobil matik terendam banjir.

"Transmisi matik mobil produksi sekarang sudah dirancang sangat rapat, nyaris tanpa celah sehingga lebih kedap air," buka Suryadi, Kepala Bengkel Astrido Toyota Fatmawati kepada GridOto.com.

Strukturnya yang rapat juga ternyata dirancang untuk pemakaian jangka panjang, sehingga tidak perlu dilakukan pembongkaran atau penggantian oli secara rutin.

Tak hanya mesin, girboks juga bisa di-overhaul
Radityo Herdianto
Tak hanya mesin, girboks juga bisa di-overhaul

(Baca Juga: Aki Basah Ternyata Rentan Rusak Karena Banjir, Ini Alasannya)

"Kondisi ini meminimalisir pembongkaran yang terlalu sering sehingga seal atau packing tetap rapat, tidak melebar atau memperbesar celah," jelas Suryadi.

Letak modul transmisi matik sebagai 'otak' rapat di dalam, hanya bisa diakses dengan membongkar seluruh girboks (overhaul).

Yang menjadi masalah adalah mobil matik berusia 10 tahun lebih atau yang sudah berumur, lebih rentan mengalami kerusakan di transmisi matik.

"Teknologi matiknya tidak secanggih sekarang, lalu kita tidak tahu bagaimana kondisi packing atau seal-nya masih bagus atau sudah pada getas dan rontok," ujar Suryadi.

Bagi pemilik mobil matik berusia tua, sebaiknya langsung dilakukan towing dan pengecekkan di bengkel karena air rawan rembes ke dalam transmisi.

Editor : Dwi Wahyu R.

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa