Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Antara Motor Hybrid dan Listrik

Muhammad Farhan - Rabu, 26 Februari 2020 | 10:40 WIB
Komponen motor listrik dari Bosch
Farhan
Komponen motor listrik dari Bosch

GridOto.com - Jangan tertukar ya! Ini perbedaan mendasar antara motor hybrid dan listrik yang saat ini mulai bermunculan di pasaran.

Dari segi tampilan motor keseluruhan, antara motor mesin konvensional, hybrid dan motor listrik memang tampak tidak banyak perbedaan.

Biar jelas, nih jawaban dari beberapa pihak produsen motor yang memasarkan motor hybrid dan listrik di Indonesia.

"Seperti namanya, motor hybrid merupakan kombinasi antara penggunaan mesin konvensional dengan dinamo atau motor listrik untuk menggerakkan motor," jelas Endro Sutarno, Technical Service Division PT. Astra Honda Motor.

(Baca Juga: Rem Motor Terasa Keras dan Kurang Pakem? Ini Penyebab dan Solusinya!)

Contohnya seperti di Honda PCX Hybrid, terdapat motor listrik dan baterai tapi memiliki tangki bensin, mesin pembakaran internal dan knalpot seperti motor konvensional.

Karena merupakan campuran, motor tipe hybrid memiliki komponen motor konvensional ditambah sistem seperti di motor listrik.

"Sedangkan pada motor listrik, hanya ada baterai, ECU, serta dinamo motor listrik yang berfungsi menggerakkan motor," ujar Frengky Osmond, Marketing Communication Viar Motor Indonesia.

Pada motor listrik seperti Viar Q1, tidak lagi ditemui adanya tangki bensin, mesin dan knalpot layaknya terdapat di motor mesin konvensional.

(Baca Juga: Posisi Sokbreker Belakang Ternyata Menentukan Keras Atau Empuk Sok!)

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa