Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seken Keren: Menguak 'Kesaktian' Bodi Volvo S80 Menurut Bengkel Spesialis

Harun Rasyid - Sabtu, 1 Februari 2020 | 19:30 WIB
Ilustrasi Volvo S80 generasi kedua
Ilustrasi Volvo S80 generasi kedua

GridOto.com - Insiden Volvo S80 dihatam truk kontainer yang terguling di Rest Area KM 97 Tol Cipularang beberapa waktu lalu, jadi salah satu bukti kuatnya sedan pabrikan asal Swedia tersebut.

Oddo Harryson, selaku Owner Vota Motor yang merupakan bengkel spesialis Volvo mengatakan, konstruksi bodi hingga sasis Volvo S80 memang dirancang dengan material yang kuat.

"Karena mengutamakan safety, sasis S80 dibuat dari beberapa jenis material. Selain itu sasisnya juga berjenis Monokok, yang artinya sasis dan bodi bagian atas itu menyatu," kata Oddo kepada GridOto.com, Kamis (30/1/2020).

(Baca Juga: Seken Keren: Sejarah Volvo S80, Mobil Sedan yang Bodinya Rasa 'Tank')

Tidak hanya itu, Volvo S80 dirangkai dengan menggunakan berbagai jenis baja, mulai dari yang berkekuatan ringan hingga ultra.

Ilustrasi sasis Monocoque
GridOto.com
Ilustrasi sasis Monocoque


"Jadi bagian-bagian S80 itu ada yang terbuat dari mild steel, hi-strenght steel, extra hi-strenght steel dan ultra hi-strenght steel. Nah ultra hi-strenght steel ditempatkan dibagian yang melindungi penumpang seperti di tulang pintu, tulang bagian dashboard dan tulang atas," jelas Oddo lagi.

"Sementara yang hi-strenght steel ditempatkan dibagian Fender kiri dan kanan, sementara mild steel atau besi yang paling lunak ada di bagian bawah atau bagian bodi terluar," sambungnya.

Penggunaan baja lunak atau mild steel untuk bagian terluar Volvo S80, menurut Oddo bukan tanpa alasan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa