Komparasi Lengkap Honda CRF250 Rally VS Kawasaki Versys-X 250, Motor Touring Beda Karakter

Harry - Senin, 10 Februari 2020 | 13:15 WIB
Honda CRF250 Rally dan Kawasaki Versys-X 250
Harry/Gridoto.com
Honda CRF250 Rally dan Kawasaki Versys-X 250

GridOto.com-Merek Jepang yang bermain disegmen motor penjelajah dengan mesin 250 cc bisa dibilang baru ada 2 nih, Honda CRF250 Rally dan Kawasaki Versys-X 250.

Gacoan Honda lahir lebih dulu tepatnya Desember 2016 dengan status CBU dari Thailand. Sedangkan Versys-X 250 lebih muda, hadir bulan Februari 2017.

Meski terbilang bukan motor yang benar-benar baru, ternyata masih banyak konsumen yang bingung disaat harus memilih salah satu diantaranya.

Nah, kami jabarkan satu per satu dengan detail, supaya lebih tahu yang mana yang cocok untuk dipinang sesuai kebutuhan dan keinginan.

Cekidot!

(Baca Juga: Motor Touring 250 cc, Pilih Honda CRF250 Rally Atau Kawasaki Versys-X 250?)

Desain
Sama-sama untuk touring ria melewati beragam kondisi jalan dengan jarak jauh, tapi keduanya beda dari sisi penampilan loh sob.

Honda CRF250 Rally tampil tinggi ala motor trail, dengan fairing menutup rapat area tangki sampai mesin.

Windshield tinggi dan lampu depan asimetris yang sudah LED. Tapi bagian tengah sampai belakang, tak jauh beda dari motor trail kebanyakan.

Honda CRF250 Rally
Harry/Gridoto.com
Honda CRF250 Rally

Desainnya memang terinspirasi dari bentuk motor-motor yang dipakai pada ajang balap Dakar Rally, sehingga punay daya tarik tersendiri.

Lingkar pelek yang dipakai paduan 21 dan 18 inci, persis motor trail dengan ban tapak kasar.

Sedangkan Kawasaki Versys-X 250 lebih cenderung untuk besutan touring jarak jauh dengan dimensi besar dan perlengkapan standar yang mumpuni.

Bentuknya tak jauh beda dari keluarga Versys lainnya, dengan half fairing dan pembungkus mesin terpisah, jadi mesin masih bisa terekspose.

(Baca Juga: Seger! Honda CRF250 Rally Punya Warna Baru Nih, Segini Harganya)

Kemudian sudah ada windshield tinggi, jok dengan ergonomi pas untuk berboncengan, dan khusus tipe Tourer sudah dilengkapi side box, lampu kabut dan standar tengah.

Pihak Kawasaki membuatnya lebih ramping dengan penggunaan lampu model tunggal, bukan model ganda seperti Versys lainnya.

Kawasaki Versys-X 250
Harry/Gridoto.com
Kawasaki Versys-X 250

Lingkar pelek yang dipakai lebih kecil dari pesaingnya itu, yakni 19 dan 17 inci berbungkus ban dengan tapak dual purpose.

Secara postur, ternyata CRF250 Rally lebih besar dari Versys-X 250 sob, dengan dimensi 2.210 mm x 900 mm x 1.425 mm (PxLxT).

Sedangkan Versys-X 250 yang terlihat besar, ternyata ukurannya cuma 2.170 mm x 940 mm (tourer) x 1.390 mm (PxLxT).

(Baca Juga: Video Lengkap Transformasi Gaya Honda CRF250 Rally Besutan Caos Custom)

Fitur & Teknologi
Dari sisi penerangan, CRF250 Rally bisa dibilang lebih unggul berkat penggunaan teknologi LED disemua lampu kecuali lampu belakang.

Kalau Versys-X 250 seluruhnya masih pakai bohlam, kecuali lampu kabut (tipe Tourer) yang bawaannya sudah LED.

Bergeser menuju spidometer, giliran Versys-X 250 unggul karena punya informasi yang lebih lengkap dan ukurannya lebih besar.

Isinya ada spidometer, takometer model jarum, odometer, trip meter A-B, fuel meter, suhu mesin, jam, konsumsi BBM rata-rata dan aktual, range dan indikator ECO.

Spidometer Kawasaki Versys-X 250
Harry/Gridoto.com
Spidometer Kawasaki Versys-X 250


Punya CRF250 Rally simpel ala motor trail. Sudah full digital dengan informasi spidometer, takometer, fuel meter, jam, odometer dan trip meter.

Naik Versys-X 250 dijamin bakal lebih jarang mampir isi BBM berkat tangki yang mencapai 17 liter, dibanding CRF250 Rally yang cuma 10,1 liter.

Bagian kaki-kaki, suspensi CRF250 Rally pakai upside down 43 mm, dan monosok pro-link dengan travel panjang 250 mm dan 265 mm.

Kalau Versys-X 250 untuk suspensi depan pakai teleskopik biasa diameter 41 mm, dipadu monosok Uni-track dengan jarak main 148 mm.

(Baca Juga: Tawarkan Proteksi dan Gaya, Ini Dia Cover Headlamp Untuk CRF250 Rally)

Perbedaan jarak main suspensi keduanya jauh banget, makanya CRF250 Rally lebih empuk dan Versys-X 250 lebih kaku.

Soal ban, karena CRF250 Rally lebih ke motor trail, maka punya ban tapak kasar dengan ukuran 3.00-21 dan 120/80-18.

Ban jenis ini cocok untuk melibas jalanan off road, seperti tanah, lumpur, bebaturan, pasir dan gravel.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dimas Pradopo

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa