Begini Tips Aman Buat Pemula yang Ingin 'Nyemplung' Main Off-road

M. Adam Samudra - Sabtu, 25 Januari 2020 | 15:36 WIB
Fun Off Road di Taman Nasional Gunung Merapi, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
Kompas.com/Ika Fitriana
Fun Off Road di Taman Nasional Gunung Merapi, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

GridOto.com - Dunia otomotif terus berkembang di Indonesia sebagai salah satu olahraga yang banyak peminatnya. Tak hanya seru ditonton, namun seru juga untuk terlibat.

Salah satu cabang otomotif yang juga banyak digandrungi adalah off-road.

Lantas apa yang harus diperhatikan bagi pemula ketika main off-road?

Kalau ada yang minat ‘nyemplung’ ke dunia off-roadReza Hariputra, pegiat off-road sekaligus founder Smart Offroading memberikan beberapa tips off-road ringan sebagai bekal awal terjun ke dunia ini.

(Baca Juga: Gress! Kawasaki Resmi Luncurkan KLX230R, Khusus Untuk Off Road Harga Lebih Mahal)

Banyak hal yang harus diperhatikan oleh semua calon off-roader sebelum mereka benar-benar memutuskan ikut terlibat.

Reza menilai, pertama adalah mengetahui lebih dulu jenis off-roadnya seperti apa, sekadar hobi atau mau yang kompetisi. Ini penting biar gak salah arah.

"Yang perlu diperhatikan adalah ketika ingin ingin main off-road anggap saja kita sedang masuk medan perang," kata Reza Hariputra kepada GridOto.com di Jakarta Selatan, Sabtu (25/1/2020).

"Saya mencontohkan misalnya medan perangnya adalah gurun pasir, tapi kita salah bawa senjata revolver. Begitu habis tembakan peluru pertama mau ke peluru kedua, kita harus kokang dulu," lanjutnya.

"Sama seperti off-road, kenali dulu medan off-roadnya seperti apa. Kita harus kenali dulu dan persiapkan juga kendaraan yang sesuai," jelasnya.

Pada dasarnya untuk melalui lintasan off-road semua mobil standar berpenggerak 4x4 sudah cukup bagi Anda yang ingin uji adrenalin.

Editor : Fendi

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa