Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Street Manners

Street Manners: Pentingnya Uji Kir, Jika Lalai Ini Dampak dan Sanksinya

Harun Rasyid - Jumat, 3 Januari 2020 | 19:58 WIB
Ilustrasi uji KIR
Tribun Lampung
Ilustrasi uji KIR

GridOto.com - Demi menjamin kelayakan, mobil komersil dan penumpang yang beroperasi di jalan seperti angkot, mobil pick up termasuk double cabin, bus atau truk harus lulus uji KIR atau uji berkala.

Uji berkala sendiri dilakukan pemerintah lewat Kementerian Perhubungan, namun pada praktiknya masih ada saja pemilik mobil yang lalai melakukan uji KIR.

Hal ini tentu bisa membahayakan pengendara lain di jalan, karena mobil yang tidak diuji KIR berpotensi mengalami masalah dan bisa menimbulkan kecelakaan.

Karena dalam uji KIR kendaraan akan di beberapa bagian penting seperti lampu, emisi gas buang, sistem kemudi, kaki-kaki, speedometer, sistem pengereman, kelayakan ban, kaca, klakson dan keadaan mobil yang wajib tidak boleh dimodifikasi.

(Baca Juga: Viral! Buku Uji KIR Mati Malah STNK yang Disita, Begini Kata Polisi)

Peraturan uji KIR tertuang dalam Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 53 ayat 1 yang menyatakan:

"Uji berkala wajib dilakukan untuk mobil penumpang umum dan mobil barang, bus, mobil berkereta gandengan dan berkereta tempelan yang beroperasi di jalan".

Lalu pada ayat 2, pengujian berkala tersebut meliputi kegiatan, pemeriksaan dan pengujian fisik, serta pengesahan hasil uji.

Sementara waktu pelaksanaannya, dijelaskan pada pasal 5 ayat 3 Peraturan Menteri Perhubungan Penhujian Berkala Kendaraan Bermotor (Permenhub PBKB) yang menyatakan uji KIR perdana dilakukan paling lama satu tahun setelah terbit STNK yang pertama kali.

Perpanjangan uji berkala selanjutnya setelah uji KIR perdana dilakukan 6 bulan dan dilakukan terus menerus setiap 6 bulan sekali.

(Baca Juga: Memasuki Era Digital, Dishub Lamongan Mempermudah Proses Uji Kir. Begini Caranya)

Sanksi bagi yang lalai uji kir diatur dalam UU LLAJ pasal 76 ayat 1 yang berbunyi:

"Setiap orang yang melanggar ketentuan pasal uji berkala dikenakan sanksi administratif, berupa peringatan tertulis, pembayaran denda, pembekuan izin, dan pencabutan izin".

Sementara sanksi bagi pemilik kendaraan berupa dicabutnya sertifikat kompetensi dan tanda kualifikasi teknis penguji kendaraan bermotor.

Nah bagi pemilik mobil angkutan yuk patuhi aturan uji KIR.

(Baca Juga: Canggih! Alat yang Dipakai Dishub Kota Semarang Buat Uji KIR, Hasilnya Dijamin Susah Direkayasa)

Editor : Hendra
Sumber : UU no 22 tahun 2009,Permenhub

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa