Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BI Tegal Buka Layanan Top Up Pada Sejumlah Titik Ini di Tol Trans Jawa, Jamin Tak Ada Penumpukan

Naufal Nur Aziz Effendi - Rabu, 18 Desember 2019 | 15:23 WIB
Ruas Jalan Tol Trans Jawa
Twitter.com
Ruas Jalan Tol Trans Jawa

GridOto.com - Bank Indonesia (BI) Tegal menyiapkan layanan penukaran uang untuk momen libur Natal dan tahun baru (Nataru).

BI Tegal juga menyiapkan layanan pengisian top up kartu tol di sejumlah titik di jalan tol Trans Jawa.

"Baik layanan elektronifikasi, serta penukaran uang disiapkan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat dan perbankan saat Natal dan tahun baru di eks Karesidenan Pekalongan. Uang pecah kami menyiapkan Rp 3,9 triliun,” kata Kepala BI Tegal, Taufik Amrozi, dikutip dari TribunJateng.com, Selasa (17/12).

Menurut dia, hingga November lalu, BI Tegal telah mengedarkan uang sebanyak Rp 11,9 triliun, naik 9 persen dibandingkan dengan periode sama 2018 lalu sebesar Rp 10,9 triliun.

“Sementara uang dalam kondisi rusak, dan lusuh, yang telah ditarik dari peredaran, karena dinyatakan sebagai Uang Tidak Layak Edar (UTLE) dan telah dimusnahkan sebesar Rp 1,7 triliun,” paparnya.

(Baca Juga: Kepolisian Cek Jalur Trans Jawa Jelang Libur Nataru 2020, Begini Skema Penanganan Kemacetan)

Taufik menjelaskan, selain kesiapan peredaran uang pecahan, BI Tegal memastikan tidak akan terjadi antrean dalam pengisian ulang atau top up kartu tol.

“Layanan top up dapat dilakukan di gate exit ataupun di rest area, baik di ATM maupun di layanan minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Isi ulang yang dilakukan di ATM tidak dikenakan biaya, tetapi jika dilakukan di Alfamart dan Indomaret dikenakan Rp 1.500,” jelasnya.

Menurut dia, isi ulang kartu tol juga bisa dilakukan di gate tol atau rest area sepanjang jalan tol Trans Jawa.

“Untuk jalur A arah timur, top up ada di rest area KM 228, KM 252, KM 275, KM 291, dan rest area tambahan di KM 344," katanya.

Sedangkan jalur B arah barat tersedia rest area di KM 229, KM 260, KM 282, dan KM 294. Kemungkinan puncak arus mudik Natal dan tahun baru akan terjadi pada 21-29 mendatang,” tambah Taufik.

Selain menyediakan lokasi top up, BI Tegal juga berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), baik di Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, serta perbankan terkait dengan kesiapan pembayaran melalui elektronifikasi.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul BI Tegal Jamin Tak Ada Penumpukan Top Up Kartu Tol

Editor : Fendi
Sumber : Tribunjateng.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa