Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengungkap Kaca Film OEM Mobil Baru Kualitasnya Lebih Rendah dari Pasaran, Mitos atau Fakta?

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 16 Desember 2019 | 14:30 WIB
Ilustrasi. proses pemasangan kaca film.
Muhammad Ermiel Zulfikar/GridOto.com
Ilustrasi. proses pemasangan kaca film.

GridOto.com - Pemberian bonus aksesori berupa kaca film sudah lazim dilakukan oleh banyak pabrikan mobil, guna menjadi pemanis dalam menggaet minat konsumen.

Sejatinya kaca film memiliki fungsi yang sangat vital, khususnya di wilayah tropis seperti Indonesia untuk mengurangi panas dari pancaran sinar matahari.

Namun muncul anggapan, kalau kaca film Original Equipment Manufacturer (OEM) yang didapatkan gratis pada saat membeli mobil baru, memiliki kualitas lebih rendah dari yang dijual secara pasaran.

Lantas, apakah anggapan tersebut merupakan sebuah fakta, atau mitos belaka?

(Baca Juga: Kaca Film 'Ajaib' Terbaru dari V-KOOL, Dijual Terbatas, Jangan Kaget Lihat Harganya!)

Menjawab pertanyaan itu, Lianto Winata, selaku Business Development Director PT V-KOOL Indo Lestari (V-KOOL Indonesia) tak menampik kalau anggapan tersebut benar adanya.

Ia menjelaskan, kaca film yang terpasang secara OEM di mobil-mobil baru merupakan jenis yang berbeda, menyesuaikan dengan permintaan pabrikan.

"Jadi yang terpasang di OEM itu ada jenis kaca film yang berbeda. Kalau sekarang tren-nya itu kan mereka APM (Agen Pemegang Merek) menginginkan film yang non-metal, atau yang warna hitamnya tidak reflektif supaya lebih netral," papar pria yang akrab disapa Lianto belum lama ini, Rabu (11/12/2019).

"Sehingga kami memberikan kaca film yang non-metal kami. Namun tetap, kualitas kaca film yang terbaik di serinya (non-metal)," Imbuhnya saat berada di kawasan Anyen, Banten.

(Baca Juga: Pertama di Dunia! Jadi Kaca Film Termahal, V-KOOL Klaim VK30 dan VK10 Mampu Tolak Panas Nyaris 100 Persen)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa