Pentingnya Melakukan Spooring dan Balancing Pada Mobil! Ini Waktunya

Dia Saputra - Rabu, 11 Desember 2019 | 10:31 WIB
Ilustrasi spooring dan balancing
Kompas.com
Ilustrasi spooring dan balancing

GridOto.com - Sebagai pemilik kendaraan, pasti Anda tahu pentingnya menjaga kestabilan kendaraan saat melaju, maka itu perlu melakukan spooring dan balancing secara berkala.

Karena spooring dan balancing ini berfungsi untuk menjaga kaki-kaki mobil dan komponen pendukungnya tetap dalam keadaan aman saat mobil sedang melaju.

Namun hal ini kerap terlupakan oleh para pemilik mobil, apalagi mobil yang beroperasi di jalanan pedesaan yang masih bebatuan.

Hal itu diungkapkan oleh Tri Haryanto selaku mekanik sekaligus pemilik bengkel Mekanik Otodidak saat ditemui GridOto.com di bengkelnya beberapa waktu lalu.

(Baca Juga: Ini yang Dimaksud dengan Ban Radial, Jenis Ban Mobil Terpopuler)

Tri Haryanto yang akrab disapa TH mengatakan, mobil yang digunakan di pedesaan yang jalannya masih bebatuan lebih besar risiko kaki-kaki untuk rusak.

"Namun tak jarang pemilik mobil di perkotaan juga melupakan spooring dan balancing secara berkala," jelas TH sambil memperbaiki mobil di bengkelnya yang berada di Sidorejo, Sajen, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Lantas apa yang terjadi jika pemilik mobil tidak melakukan spooring dan balancing secara berkala?

(Baca Juga: Ada Kenaikan Harga Ban Mobil, Ini Daftar Terbaru Desember 2019)


Editor : Fendi

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa