Bukan Buat Gaya, Ini Alasan Mobil-mobil Slalom Ini Peleknya Belang Depan Belakang

Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 11 Desember 2019 | 07:40 WIB
Pelek yang belang depan belakang di mobil balap slalom ini ternyata punya fungsi penting sob.
Pradana/GridOto.com
Pelek yang belang depan belakang di mobil balap slalom ini ternyata punya fungsi penting sob.

GridOto.com - Saat menghadiri seri final Brio Saturday Night Challenge 2019 dan Kejurnas Slalom U23, GridOto.com melihat sesuatu yang cukup menarik.

Beberapa dari Honda Brio yang mengikuti event slalom tersebut memiliki pelek belang alias berbeda untuk ban depan dan belakang.

Awalnya GridOto.com mengira hal tersebut dilakukan karena estetik alias gaya, tapi seperti semua hal yang dilakukan di dunia balap, ubahan tersebut dilakukan untuk mengejar performa.

Hal tersebut diungkapkan oleh Arce Meyer, perwakilan Komisi Slalom IMI Pusat yang juga Manajer Haji Tjandra Racing Team.

(Baca Juga: Peslalom Asal Semarang Catat Waktu Tertajam Tanpa Latihan, Ini Para Jawara di Final Honda Brio Saturday Night Challenge 2019)

2 mobil balap slalom Honda Brio lainnya yang peleknya juga belang depan belakang.
Pradana/GridOto.com
2 mobil balap slalom Honda Brio lainnya yang peleknya juga belang depan belakang.

“Yang depan offsetnya mesti kecil biar narik, sedangkan belakang biar lincah, yang belakang pakai pelek yang offsetnya besar,” ungkap nya kepada Gridoto.com di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Sekadar pengetahuan nih, offset itu sebutan untuk seberapa jauh penampang tengah (biasanya titik mounting) sebuah pelek dari garis tengah pelek tersebut.

Jadi makin kecil offsetnya, bibir pelek akan makin dekat atau bahkan keluar dari fender, sedangkan offset yang besar akan memiliki efek sebaliknya.

Tidak hanya dari tampilan, kalau diimbangi dengan ubahan lainnnya, pelek dengan offset kecil maupun besar juga bisa berpengaruh pada performa.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Fendi

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa