Kasubdit Gakkum Ditlantas PMJ: Kamera Pengawas di Saku Polisi Lalu Lintas Akan Diperkenalkan!

M. Adam Samudra - Kamis, 5 Desember 2019 | 21:20 WIB
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar menjelaskan kronologi kejadian Nissan Livina yang Menabrak Apotek di Senopati kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (28/10/2019).
Vedhit/GridOto.com
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar menjelaskan kronologi kejadian Nissan Livina yang Menabrak Apotek di Senopati kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (28/10/2019).

 

GridOto.com - Guna menunjang aktivitas di lapangan, Dirktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya saat ini membekali anggotanya dengan kamera pengawas multifungsi yang dipasang pada saku seragamnya.

Alat pantau yang dinamakan body camera (kamera badan) tersebut tak hanya bisa menampilkan video secara live atau pun merekam dengan kualitas HD.

Tapi juga memiliki kemampuan serba bisa lainnya dengan daya tahan baterai hingga delapan jam.

Kasubdit Gakkaum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar mengatakan, body camera akan segera diperkenalkan bersamaan dengan e-Drives.

(Baca Juga: Blak-blakan Iskandar Abubakar: Skala Prioritas Transportasi Berubah, Kendaraan Pribadi Jadi Apa?)

"Body camera yang akan digunakan oleh petugas Polantas dalam bertugas juga nanti akan dilaunching bersamaan dengan e-Drives," ujar Kompol Fahri Siregar saat ditemui dikantornya, Rabu (3/12/2019).

"Tak hanya itu, untuk pengembangan E-TLE yang terintegrasi dengan Transjakarta dan Jasa Marga, juga akan dilaunching, ada juga Portable E-TLE yang diletakan di depan mobil agar bisa mobile kemana-kemana, akan dipaparkan besok oleh Kapolda Metro Jaya," ungkapnya.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar
Adam Samudra
Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar

Untuk diketahui, adanya body camera ini juga menjadi upaya bagi polisi untuk mencegah terjadinya praktik pungli dari para anggota di lapangannya.

Khususnya pada saat melakukan tindakan dari para pelanggar lalu lintas atau ketika menjalan tugasnya.

(Baca Juga: Ditunjuk Jadi Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar Akan Fokus Minimalisir Kecelakaan Lalu Lintas)

Fahri menjelaskan semua kegiatan dan percakapan para petugas dan pengemudi yang melanggar akan terekam dengan jelas.

Dengan demikian, akses untuk praktik suap atau pungli bisa diminimalisir.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa