Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Selimut Aki buat Aki Mobil, Seberapa Besar Pengaruhnya?

Radityo Herdianto - Jumat, 22 November 2019 | 09:00 WIB
Selimut Aki Mobil
Istimewa
Selimut Aki Mobil

GridOto.com - Salah satu produk aksesori mobil yang cukup unik GridOto.com temukan di toko online adalah selimut aki mobil.

"Fungsi selimut aki untuk memperpanjang umur aki, karena pada dasarnya aki tidak boleh terkena paparan udara panas dari ruang mesin yang menyebabkan sel di dalam aki bisa rusak," jelas Benny, pemilik bengkel Polaris Auto Shop saat dihubungi GridOto.com.

Namun, seberapa besar pengaruh keawetan aki mobil dengan menggunakan selimut aki?

Menurut Anggy, kepala bengkel Shop & Drive Tubagus Angke, pengguna selimut aki mobil ini sebagian besar adalah pemilik mobil dengan mobilitas yang tinggi.

Karena mobil yang dipakai bekerja terus, otomatis suhu udara di dalam ruang mesin cenderung panas secara konstan.

Ilustrasi aki mobil
Radityo Herdianto
Ilustrasi aki mobil

(Baca Juga: Produk Unik Selimut Aki Buat Aki Mobil, Ternyata Buat Ini Fungsinya)

"Pemilik mobil menganggap kondisi ini bisa merusak aki mobil, dengan harapan dipasang produk itu jadi aki mobil bisa lebih awet," tutur Anggy saat ditemui GridOto.com.

Anggy menjelaskan, dalam kondisi tersebut suhu udara di dalam ruang mesin cenderung seperti oven atau panggangan karena ruangannya tertutup

Baik dibiarkan terbuka atau ditutupi bahan dengan material apapun, aki mobil akan tetap mengalami panas karena terpanggang.

"Sebenarnya sama saja, pemakaian listrik di mobil yang mobilitasnya tinggi juga besar jadi umur aki ya tetap segitu saja tergantung pemakaian," tegas Anggy.

Anggy menyarankan, umur aki bisa lebih awet signifikan kalau kabel aki dicopot saat mobil ditinggal lama atau mengurangi pemakaian perangkat elektrikal saat mobil dipakai.

Editor : Dwi Wahyu R.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa