Begini Cara Kurangi Gejala Yellowing di Helm dan Motor Warna Putih

Muhammad Farhan - Senin, 11 November 2019 | 10:40 WIB
Yellowing disebabkan pemakaian dan umur
Isal/GridOto.com
Yellowing disebabkan pemakaian dan umur

GridOto.com - Pemilik helm dan motor dengan warna cat putih bisa tenang, sebab gejala yellowing yang terjadi masih bisa diatasi.

Gejala yellowing atau warna putih yang menguning terjadi akibat reaksi antara lapisan pernis dengan air hujan dan kotoran.

Kalau sudah terlanjur, perawatan ringan seperti membersihkan dengan cara dilap atau dicuci tidak bisa menghilangkan yellowing tersebut.

"Gejala yellowing bisa dikembalikan pakai proses wet sanding lalu paint correction pakai mesin poles dan cairan kompon," ujar Stefanus Yoga, pemilik Detailworks Motospa, Bintaro, Tangerang Selatan.

(Baca Juga: Head Silinder Mahal Tidak Menjamin Mesin Kencang, Ini Penjelasannya)

Memakai mesin poles, wet sanding adalah proses pengamplasan pakai air yang dilanjutkan dengan paint correction pakai kompon untuk mengikis pernis.

Lapisan pernis yang sudah kusam dan menimbulkan gejala yellowing tersebut pun dikikis hingga warna putih bawaan terlihat kembali.

Proses white sanding dengan mesin poles dilakukan untuk mengatasi gejala yellowing di cat putih
Farhan
Proses white sanding dengan mesin poles dilakukan untuk mengatasi gejala yellowing di cat putih

"Hasilnya tentu tidak akan kembali seperti semula, hanya mendekati saja karena proses paint correction ini mengikis lapisan pernis dan sebaiknya tidak dilakukan kembali," tambahnya.

Selain gejala yellowing, proses wet sanding juga berfungsi menghilangkan bekas noda yang sulit dihilangkan dengan cara poles biasa.

(Baca Juga: Cat Ulang Motor Menggugurkan Garansi? Begini Kata Bengkel Resmi)

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa