Street Manners : Musim Hujan Datang, Jangan Pakai Lampu Halogen Berwarna Putih, Ini Alasannya!

Harun Rasyid - Kamis, 31 Oktober 2019 | 18:41 WIB
Ilustrasi lampu halogen berwarna putih
Kaskus.co.id
Ilustrasi lampu halogen berwarna putih

GridOto.com - Lampu jenis halogen hingga kini masih banyak digunakan di kendaraan roda empat maupun roda dua.

Karena kebanyakan kendaraan keluaran baru sudah memakai lampu berteknologi LED, lampu halogen biasanya dipakai pada kendaraan keluaran lama atau sekitar 5 tahun kebelakang.

Jenis lampu yang merupakan pengembangan dari lampu pijar tersebut, punya kelebihan dari harga yang terjangkau dan penggunaan teknologi yang sederhana.

Selain itu pancaran sinar lampu halogen juga lebih terang dari lampu bohlam biasa dan lampu halogen juga memiliki filamen dengan efisiensi yang baik serta mudah dalam perawatan maupun penggantiannya.

Lily Hernawan, Direktur Sampurna Part Niaga, distributor produk Autovision di Indonesia mengatakan jika lampu halogen memiliki umur panjang dan warna cahayanya juga stabil.

(Baca Juga: Sorot Lampu Merah Menyala, Fortuner VRZ Makin Garang Pakai Body Kit TRD)

“Siklus gas Halogen mampu menjaga permukaan bohlam tetap bening dan menjaga kestabilan warna cahaya yang dihasilkan," kata Lily.

"Sementara lampu jenis Halogen keluaran Autovision sendiri memiliki kualitas standar pabrikan kendaraan yang dilengkapi kaca kuarsa dari Schott Jerman yang anti UV, tahan guncangan dan umur pemakaian yang panjang,” terang Lily.

Lily mengungkapkan, untuk warna cahaya lampu halogen, standar idealnya yaitu antara 3.000 Kelvin untuk warna kuning hingga 5.000 Kelvin untuk warna lampu putih.

Ilustrasi mobil dengan lampu berwarna kuning.
Otomotifnet.gridoto.com
Ilustrasi mobil dengan lampu berwarna kuning.
 
"Perbedaan warna cahaya ini berpengaruh terhadap visibilitas pengendara, warna kuning baik digunakan untuk cuaca hujan atau berkabut karena sifat cahayanya yang dapat menembus cuaca tersebut," terang Lily kepada GridOto.com.

(Baca Juga: Berkendara Saat Hujan, Gunakan Fitur Defogger Agar Visibiltas Terjaga)

Lampu halogen dengan warna putih memang memberikan kesan keren pada kendaraan tapi sebaiknya di musim penghujan jangan dipakai sob.

"Warna lampu halogen bercahaya putih memang memberikan kesan elegan namun kurang baik bahkan tidak cocok dipakai saat cuaca hujan dan berkabut karena tidak tembus cahayanya," tambah Lily.

Demi keselamatan berkendara di cuaca hujan, sebaiknya lampu halogen berwarna putih di kendaraan diganti dulu sob dengan yang warna kuning karena berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan.  

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Hendra

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa