Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukan Karena Mahluk Halus Water Barrier Ini Bergerak Sendiri, Tapi Ini Alasannya

M. Adam Samudra - Rabu, 30 Oktober 2019 | 13:04 WIB
Water barier yang diisi oleh petugas
Jasa Marga
Water barier yang diisi oleh petugas

GridOto.com - Menanggapi viralnya video water barrier yang bergerak dengan sendirinya di Jalan Tol Pandaan – Malang membuat pihak Jasa Marga angkat bicara.

Pihaknya menjelaskan bahwa faktor penyebab kejadian tersebut karena bocornya water barrier yang sebelumnya telah diisi air sesuai aturan.

Agus Purnomo Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang mengatakan kejadian tersebut terjadi di proyek pembangunan rest area Km 65-66 Jalan Tol Pandaan-Malang pada hari Senin (28/10/2019) pukul 18.00 WIB.

"Water barrier yang bocor mengakibatkan water barrier tersebut kosong sehingga saat terjadi hembusan angin yang cukup kuat dikarenakan lokasi Rest Area tersebut merupakan daerah bukit yang digali serta di sisi selatan terdapat lembah yang terbuka, water barrier kosong tersebut terdorong ke arah tengah," kata Agus, Rabu (30/10/2019).

(Baca Juga: Asyik! Jasa Marga Optimis Tol Layang Jakarta-Cikampek Beroperasi Sebelum Libur Natal dan Tahun Baru)

PT JPM memastikan water barrier yang bocor saat ini telah diganti dengan yang baru serta memastikan seluruh water barrier yang ada di sepanjang Jalan Tol Pandaan-Malang juga terisi air.

Langkah ini dilakukan agar water barrier tidak bergerak sehingga dapat menghalangi kendaraan yang melintas dan menimbulkan bahaya untuk pengguna jalan.

Selain di lajur, water barrier yang terpasang di lokasi Proyek Pembangunan Rest Area untuk amankan pengguna jalan dan pekerja proyek agar tidak terjadi kecelakaan.

(Baca Juga: Enggak Cuma Tol Jagorawi, Jasa Marga Juga Bakal Lakukan Pemeliharaan Jalan di Tol Jakarta-Cikampek)

"Kami imbau agar masyarakat dapat melakukan verifikasi terhadap informasi sebelum mempercayai hal-hal yang sebenarnya dapat dijelaskan secara ilmiah dan bahkan menghubungkan kejadian tersebut dengan ruas jalan tol lainnya di luar Jalan Tol Pandaan-Malang," pesan dia.

Editor : Hendra

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa