Enam Jalan Tol Baru Disiapkan di Jawa Timur, Dua Ruas Ini Paling Realistis Untuk Segera Dibangun

Ditta Aditya Pratama - Senin, 28 Oktober 2019 | 19:28 WIB
Foto Udara Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 (Pakis 1-Pakis 2)
Istimewa.
Foto Udara Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi 4 (Pakis 1-Pakis 2)

GridOto.com - Sebelumnya GridOto sudah memberitakan tentang Jawa Tengah yang mempersiapkan lima ruas jalan tol baru, Jawa Timur pun enggak ketinggalan.

Ada enam ruas jalan tol baru yang disiapkan pemerintah untuk dibangun di Jawa Timur.

Di antara sejumlah jalan tol yang akan mulai prosesnya tahun depan, yakni Tol Kertosono-Kediri (20.3 Km), Probolinggo-Lumajang (28 Km), Gresik Bunder-Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE)-Manyar (9 Km), dan Tuban-Gresik.

Dari sejumlah tol itu, ada dua rencana jalan tol yang memungkinkan bisa mulai dibangun, yaitu Kertosono-Kediri dan Probolinggo-Lumajang.

(Baca Juga: Total Ada Lima Jalan Tol Baru yang Bakal Dibangun di Jawa Tengah, Apa Saja?)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur, Gatot Sulistyo Hadi, mengungkapkan dua tol tersebut memang sangat dibutuhkan Jawa Timur.

 

Tol Probolinggo-Lumajang, dinilai penting untuk segera dibangun, karena jalan arteri yang ada sudah melebihi kapasitas volume kendaraan.

Sedangkan Tol Kertosono-Kediri dengan panjang diperkirakan mencapai 20,3 kilometer, akan menjadi penunjang Bandara Kediri yang telah masuk ke dalam proyek strategis nasional.

"Lumajang-Probolinggo sudah ada prakarsanya, hanya kami masih mencari BUJT (Badan Usaha Jalan Tol)-nya. Masih ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi. Namun, insyaallah jadi," ujar Gatot Sulistyo Hadi, Senin (28/10/2019).

(Baca Juga: Asyik! Jalan Tol Pemalang-Batang Bakal Punya Gerbang Tol dan Rest Area Baru)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa