Chevrolet Tambah Daftar Panjang Produsen Otomotif Amerika Serikat yang Hengkang dari Indonesia

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 28 Oktober 2019 | 18:15 WIB
Ilustrasi. Cevrolet Trax dan Chevrolet Trailblazer.
Istimewa
Ilustrasi. Cevrolet Trax dan Chevrolet Trailblazer.

GridOto.com - Penghentian aktivitas penjualan yang akan dilakukan PT General Motors Indonesia (GMI) pada Maret 2020 nanti, menambah daftar panjang produsen otomotif Amerika Serikat (AS) yang hengkang dari Indonesia.

Pasar Indonesia yang tidak bisa memberikan keuntungan untuk keberlangsungan bisnis Chevrolet, jadi alasan General Motors memutuskan untuk tidak melanjutkan aktivitas tersebut.

"Di Indonesia, kami tidak memiliki segmen pasar otomotif yang dapat memberikan keuntungan berkesinambungan," ungkap Hector Villarreal, selaku President GM Asia Tenggara dalam siaran resminya, (Senin 28/10/2019).

"Faktor-faktor ini juga membuat kegiatan-kegiatan operasional kami menjadi semakin terpengaruh oleh faktor-faktor yang lebih luas di Indonesia, seperti pelemahan harga komoditas dan tekanan mata uang asing," imbuhnya.

(Baca Juga: Resmi, Chevrolet Siap Angkat Kaki di Indonesia Awal Tahun Depan)

Sebelumnya, PT Ford Motor Indonesia (FMI) sudah lebih dulu memilih untuk menghentikan kegiatan operasionalnya di dalam negeri pada Januari 2016 lalu.

Layanan purna jual pun dilanjutkan oleh RMA Group, yang ditunjuk langsung Ford Motor Company Asia Pacific sebagai distributor resmi untuk Ford Service dan Genuine Parts di Indonesia.

Ilustrasi. Ford Ecosport 2018.
Ilustrasi. Ford Ecosport 2018.

Hal serupa juga pernah dilakukan oleh PT Mabua Harley-Davidson, yang memilih untuk tidak memperpanjang keagenan merek kendaraan roda dua asal Negeri Paman Sam tersebut pada 31 Desember 2015.

Berbeda dari Ford, Harley-Davidson berhasil melanjutkan kembali bisnisnya di Tanah Air, melalui bendera PT Nusantara Moto International dan Anak Elang Harley-Davidson.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa